UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Pertemuan Jejaring dan Penguatan Kapasitas PSGA dan PSW

Peserta sedang mengikuti pelatihan

KABARACEH, BANDA ACEH: Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Pertemuan Jejaring dan Penguatan Kapasitas para pengurus Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) dan Pusat Studi Wanita (PSW) dalam lingkungan Perguruan Tinggi Se Aceh. Kegiatan tersebut berlangsung 4-5 Maret 2020 di Ruang Sidang LP2M kampus UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Ketua PSGA UIN Ar-Raniry, Dr. Nashriyah, MA disela-sela kegiatan, Rabu (4/3/2020) mengatakan bahwa pertemuan jejaring PSGA/PSG/PSW se Aceh tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang difokuskan pada publikasi ilmiah, selanjutnya juga dapat menguatkan jejaring forum PSGA/PSG/PSW se-Aceh.

“Pertemuan ini merupakan langkah strategis untuk menggalang kekuatan bersama, sharing knowledge, dan memperkuat eksistensi Forum PSGA/PSW/PSG yang menjadi forum afiliasi lembaga ini di seluruh Aceh dengan harapan kekuatan ini akan berdampak pada penguatan seluruh lembaga anggotanya,” ujarnya.

Dr. Nashriyah, MA menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta, yang terdiri dari PSGA Ar-Raniry sebanyak 15 orang, PSW 3 orang, PRG Unsyiah 1 orang, Pusdigama Unmuha 1 orang, PSW Serambi Mekkah 1 orang, PSW Unigha 1 orang, PSG Unimal 1 orang, PSGA IAIN Lhokseumawe 1 orang, PSGA UTU Meulaboh 1 orang, PSGA STAIN Dirundeng 1 orang, PSGA STAIN Gajah Putih 1 orang, PSGA IAIN Langsa 1 orang, unsur DP3A Provinsi Aceh 1 orang, dan perwakilan Bappeda Provinsi Aceh 1 orang.

Lebih lanjut dikatakan, selama dua hari peserta dibekali berbagai materi, antara lain teknik penulisan karya ilmiah responsif gender, praktik atau review dan revisi serta presentasi karya ilmiah peserta, materi tersebut dipandu oleh Prof. Dr. Mufidah Ch, M.Ag., praktisi Gender dan Ketahanan Keluarga, guru besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Diakhir kegiatan direncanakan akan disusun struktur dan mekanisme forum untuk penguatan jejaring serta rencana tindak lanjut penguatan jejaring dan forum PSGA/PSW/PSG/PRG se Aceh.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembangaan, Drs. H. Gunawan Adnan, Ph.D usai membuka acara mengatakan, atas nama pimpinan UIN Ar-Raniry siap dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh PSGA UIN Ar-Raniry.

“Kami siap mendukung untuk keberlangsungan program-program unggulan dari PSGA UIN Ar-Raniry, sebab peran lembaga ini sangat diharapkan oleh masyarakat, terutama dalam hal memberikan advokasi kepada pihak-pihak yang menjadi korban dengan berbagai kasus yang terjadi di masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan terbentuknya forum PSGA atau PSW se Aceh, diharapkan dapat melahirkan program-program dengan perencanaan yang matang, terutama berkaitan dengan apa yang banyak dialami oleh masyarakat, dan saat ini kekerasan dalam keluarga sangat sering terjadi, untuk itu peran lembaga ini sangat diharapkan dalam memberikan advokasi kepada mereka. (*)

Related posts