Bukit Kemuning Juara Lomba Kampung Tingkat Kabupaten  Aceh Tengah Tahun 2020

KABARACEHONLINE, AKENGON: Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) melakukan penilaian terhadap Kampung di 6 Kecamatan dari 14 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Aceh Tengah, sejak awal 2020 lalu.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Drs. Latif Rusdi, MM pada acara evaluasi perkembangan kampung, penilaian kampung terbaik dalam pengelolaan keuangan kampung serta serah terima kendaraan operasional Mukim, bertempat di Gedung Ummi, Pendopo Bupati Aceh Tengah, Jumat (11/09/2020). 

Latif mengatakan penilaian tersebut telah dilakukan untuk tingkat Kecamatan dan Kabupaten serta akan dilanjutkan penilaian untuk tingkat Provinsi pada tahun 2021 sementara untuk tingkat Nasional sementara waktu ditiadakan mengingat masih merebaknya pandemi Covid-19.

“Adapun syarat untuk mengikuti evaluasi kampung di setiap tingkatan adalah ketersediaan profil kampung dalam dua tahun terakhir, meliputi rekapitulasi data dasar total KK, potensi lampung, serta tingkat perkembangan kemajuan kampung tersebut ” jelasnya. 

Disebutkan, kriteria penilaian kampung yang dilakukan oleh beberapa dinas terkait diantaranya aspek pemerintahan kampung, aspek kewilayahan serta aspek kemasyarakatan.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Aceh Tengah No. 411.1/551/DPMK tertanggal 25 Februari 2020, Kampung Bukit Kemuning, Kecamatan Jagong Jeget berhasil meraih juara pertama, Kampung Kutenireje Kecamatan Lut Tawar Juara kedua serta Juara ketiga dipegang oleh Kampung Rejewali Kecamatan Ketol.

Sementara itu, Juara harapan satu didapatkan oleh Kampung Pilar Wih Kiri Kecamatan Rusip Antara, Kampung Linung Bukan II Kecamatan Bintang sebagai juara harapan dua serta Kampung Tapak Moge Timur Kecamatan Kute Panang meraih juara harapan tiga.

Selain itu dalam kesempatan tersebut juga disampaikan apresiasi bagi kampung terbaik dalam pengelolaan keuangan kampung tahun 2020 dengan kategori ketepatan waktu pengajuan APBKampung Tahun 2020 di raih oleh Kampung Bukit Kemuning Kecamatan Jagong Jeget, kategori Terbaik dalam penerapan Aplikasi Siskeudes diraih Kampung Kung Kecamatan Pegasing, kategori terbaik dalam ketepatan penyampaian realisasi APBKampung Tahun Anggaran 2019 diraih Kampung Bukit Sari Kecamatan Jagong Jeget, dan kategori terbaik dalam ketepatan penyampaian laporan penggunaan dana desa tahap I dan Tahap II Tahun Anggaran 2020 diraih Kampung Gelelungi Kecamatan Pegasing. 

Sementara dalam sambutannya, Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah selama ini, terus berupaya membina dan meningkatkan kualitas aparatur Kampung, terkait pembuatan Dokumen Perencanaan Kampung, Administrasi pertangung jawaban keuangan Kampung, serta kelengkapan Administrasi Pemerintahan lainnya. 

“Berdasarkan pengalaman, banyak terjadi perselisihan yang disebabkan kurangnya koordinasi dan pengetahuan aparatur kampung, terutama untuk penggunaan dana Desa, baik itu karena tidak sesuai perencanaan maupun, terkait penyimpangan pelaksanaan anggaran keuangan”, Terang nya. 

Diakhir acara tersebut turut diserahterimakan 10 (sepuluh) unit Kendaraan Operasional Roda dua kepada para Mukim, diantaranya Mukim Bintang, Pegasing, Bies Musara, Gedung Malik, Burni Reje Linge, Silih Nara, Singah Mata dan Wih Ni Dusun Jamat. 

“Harapan kami kendaraan ini, nantinya dapat mendukung tugas dari para Mukim, Kepada Kampung peraih penghargaan sekali lagi Selamat, semoga kedepannya dapat terus berbenah sehingga memperoleh prestasi yang lebih baik lagi”, Tutup Shabela.(REL) 

Related posts