Taman Kota Takengon, Destinasi Wisata Ramah Anak di Aceh Tengah

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, TAKENGON: Bagi anda yang ingin menikmati suasana kota Takengon, berkunjung ke Taman Kota Aman Dimot adalah salah pilihan. Melepas penat sembari bercengkrama bersama keluarga, anda akan disuguhkan keindahan kota Takengon di sela-sela rutinitas.

Terletak persis di depan kantor Sekdakab Aceh Tengah, bola-bola berjejer rapi dan pola kotak-kotak seperti papan catur dengan rindangnya pepohonon menyejukan mata. Ketika sore, taman ini ramai dikunjungi.  Tak hanya oleh warga Takengon namun juga oleh para wisatawan yang berkunjung ke Aceh Tengah.

Read More

Secangkir kopi Arabika Gayo dan menghabiskan waktu terbaik bersama orang-orang tercinta adalah pilihan tepat di tempat ini. Anda dapat memesan kopi arabika Gayo dari Mobil café yang mangkal disekitar taman.

Taman yang berdekatan dengan masjid Agung Ruhama Takengon ini dilengkapi fasilitas bermain anak. Taman ini kerap diramaikan dengan berbagai event dan aktivitas warga Takengon terutama generasi muda.

Bagi yang gemar berfoto selfi dapat mengabadikan moment-moment dengan latar kota Takengon. Taman yang di dalamnya terdapat Tugu Aman Dimot ini tepat tepat di pusat kota Takengon.

Aman Dimot, adalah pahlawan dari Dataran Tinggi Gayo. Pembangunan Tugu tersebut  untuk mengenangkan sosok Aman Dimot.  Pemerintah Aceh Tengah bahkan telah mengusulkan nama Aman Dimot sebagai pahlawan nasional, bersanding dengan nama besar pahlawan Aceh lainnya seperti Cut Nyak Dien, Panglima Polim dan yang lainnya. Bagi masyarakat Gayo di Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues hingga masyarakat Alas di Kutacane, nama Aman Dimot harum karena kisah heroik perjuangannya melawan penjajah.

Taman Kota Taman Inen Mayak Tri

Selain Taman Kota Tugu Aman Dimot, anda juga dapat menikmati pesona kota Takengon dari Taman Kota  Inen Mayak Tri. Taman ini berada sisi selatan taman pendopo Bupati Aceh Tengah.

Ditata sedemikian rupa dengan reremputan hijau dan ornamen-ornamen dengan bangunan-bangunan artistik modern. Taman yang dahulunya adalah lapangan tenis ini saat malam hari akan dihiasi gemerlapnya cahaya lampu.

Disela-sela rerumputan dengan tempat-tempat duduk, juga terdapat dibuat jalan-jalan khusus agar anak-anak nyaman bermain dan berlari-lari kecil. Kawula muda kerap menjadikan tempat ini untuk berkumpul, terutama di sore hari.

Juga berada dipusat keramaian Kota Takengon, taman ini dekat dengan pusat-pusat perbelanjaan. Para pengunjung yang datang dari luar Aceh Tengah  biasanya tidak akan melewatkan kesempatan untuk berfoto di taman ini.

Taman Kota Takengon dibangun untuk taman rekreasi dipusat kota dan ramah anak. Salah satu bentuk upaya pemerintah Aceh Tengah di masa kepemimpinan Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar bersama wakilnya H. Firdaus SKM untuk  melengkapi fasilitas dan kebutuhan untuk mewujudkan Takengon sebagai kota layak huni, bagi anak, untuk orang tua juga untuk generasi muda, bahkan untuk masyarakat luar yang berkunjung ke daerah ini.(ARS)