Sekdis Dikbud Tutup Kegiatan Lomba Literasi Jenjang SD dan SMP se-Kota Banda Aceh

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, BANDA ACEH:  Pelaksanaan pembinaan minat bakat dan kreativitas siswa tingkat SD dan SMP se Kota Banda Aceh bidang lomba Literasi secara resmi ditutup oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Sulaiman Bakri, S.Pd. M.Pd. di Aula Hotel Rasamala (20/11/20).

Dalam sambutannya, Sulaiman Bakri yang didampingi oleh Kabid Pembinaan SD Jailani Yusti, S.Ag. M.Pd dan Kabid Pembinaan SMP Evi Susanti, S.Pd. M.Si merangkap ketua panitia mengatakan program literasi sekolah cukup penting dan bermanfaat sekarang ini, karena dapat mengembangkan kemampuan verbal siswa serta melatih kemampuan berpikir dan menganalisa suatu permasalahan.

“Kemampuan ini cukup dibutuhkan oleh para siswa kita untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan sekarang ini. Ditambah lagi berubahnya sistim Ujian Nasional 2021 menjadi Asesmen Nasional yang tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individual, tetapi dengan pemetaan sistim pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Semua ini butuh pendalaman program Literasi yang baik di sekolah masing-masing,” ungkapnya.

Selanjutnya, Sekdis mengharapkan agar masing-masing sekolah dengan serius melaksanakan program literasi ini agar manfaatnya bisa maksimal. Dalam penutupan kegiatan ini juga dihadiri oleh salah seorang penyair dan pencipta puisi Aceh, Din Saja, untuk memotivasi siswa/i Kota Banda Aceh.

Diujung acara, Sekdis Sulaiman Bakri mengucapkan selamat kepada para pemenang dari berbagai cabang lomba dan berpesan bagi siswa/i yang belum beruntung jangan putus asa dan terus belajar dengan giat.

“Insya Allah tahun depan bisa ikut lagi dengan hasil yang lebih baik,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut juga telah diumumkan pemenang/juara masing-masing kategori lomba literasi siswa jenjang SD dan SMP se Kota Banda Aceh dengan mata lomba yang diperlombakan terdiri dari Lomba Mendongeng, Baca Puisi,  Menulis Kaligrafi, dan Cipta Pantun. Sedangkan untuk jenjang SMP mata lomba yang diperlombakan yaitu Membaca Kitab Arab Jawi, Berpantun, Cipta Puisi, dan Story Telling.

“Para pemenang masing-masing kategori lomba juga diberikan hadiah berupa tropi, sertifikat dan uang tunai,” pungkasnya.(RD)

  • Whatsapp

Related posts