Pertemuan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Sekolah Berlangsung di Aceh Tengah

KABARACEH, TAKENGON: Dalam sambutan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah Drs, H. Mursyid M.Si, ketika membuka kegiatan Pertemuan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Sekolah Tingkat Kabupaten Aceh Tengah, menyampaikan, Masalah kesehatan pada usia anak Sekolah dan remaja tidak terlepas dari perilaku dan kebiasaan para anak didik dalam kehidupan keseharianya.

Anak usia sekolah dan remaja yang sebagian besar waktunya bahkan hingga 80% dihabiskan berada di lingkungan Sekolah/Madrasah, Usaha Kesehatan Sekolah dipandang Penting Dan Strategis, sebagai Wadah Untuk berbagai program kesehatan di lingkungan sekolah.

Read More

“Oleh karena itu, Peran UKS/M sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan anak dan remaja di lingkungan Sekolah, dengan standar pembinaan yang baik melalui usaha promotif dan preventif, tugas Tim pembina UKS/M kiranya dapat menjadi motor penggerak dan inovator di kabupaten Aceh Tengah”.

Terang Asisten Pemerintahan dan Kesra dalam pertemuan yang digagas Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, berlangsung di Aula Hotel Penemas Takengon, Senin (23/11/2020).

“Dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 kita terus mengharapkan kepedulian semua pihak untuk ikut berperan dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona ini, apalagi memasuki era tatanan New Normal saat ini, dimana sistem belajar mengajar tatap muka langsung telah pula mulai kita laksanakan tentunya juga harus diikuti dengan menjalankan serta menerapkan protokol Kesehatan”, Lanjut Mursyid.

Sejalan dengan itu, Dalam laporan Kepala Dinas Kesehatan yang dibacakan oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Aceh Tengah, Mithahuddin, SKM, M.AP menyampaikan, Peran Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) yang dilaksanakan melalui Trias UKS terkait Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Sekolah sehat, sangatlah dibutuhkan.

“Dalam masa Pandemi Covid ini, apalagi sejak Tanggal 9 Nopember 2020 yang lalu Kabupaten Aceh Tengah sudah memulai sistem pembelajaran tatap muka dengan pembatasan dan mengikuti protokol Kesehatan”,Ungkap nya.

“Dalam Rangka Meningkat peran serta sekolah dalam mencegah penyebaran Covid 19 di tingkat sekolah dan Pembinaan Sekolah dalam menjaga Protol Kesehatan oleh Tim UKS/M dan Sekretariat UKS/M Kabupaten Aceh Tengah, maka perlu kiranya diadakan Pertemuan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Sekolah Tingkat Kabupaten Aceh Tengah ini”, Jelasnya kemudian.

Pertemuan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Sekolah Tingkat Kabupaten Aceh Tengah diikuti oleh Tim Pembina UKS/M Kabupaten Aceh Tengah dan 33 Kepala sekolah dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA dari Kecamatan berzona merah dalam Kabupaten Aceh Tengah.

Diagendakan akan berlangsung selama dua hari 23-24 November 2020, Pada hari Pertama Tim Pembina dan Tim Sekretariat UKS diberikan pembekalan berkenaan dengan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid. Dan pada hari kedua direncakan menyusun Rencana Kerja Tim Pembina dan Tim Sekretariat UKS Kabupaten Aceh Tengah untuk Tahun 2021. (REL)

Related posts