Sarkawi Tinjau Ruang Operasi “Standart Operating Theatre” Munyang Kute

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, REDELONG: Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi meninjau langsung Penyelesaian Pekerjaan Interior Ruang Operasi Standart Operating Theatre Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute Simpang Empat Kute Kering –Redelong yang bersumber dari Dana Otonomi khusus Aceh (DOKA) Kabupaten Bener Meriah tahun 2020, (Jum’at, 11/12/2020).

” Hari  kita melihat langsung sudah sejauh mana pekerjaan yang dilakukan oleh rekanan  terhadap paket Pekerjaan Interior Ruang Operasi Stabdart Operating Theatre Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute, kita perharap pekerjaan ini harus tepat waktu dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan”kata Bupati.

Read More

Sarkawi menyebutkan, ruangan tersebut merupakan salah satu ruangan yang sangat dibutuhkan oleh Rumah Sakit, karena nantinya ruangan ini akan menjadi tempat para tenaga medis melakukan tindakan operasi  yang sudah jelas berkaitan dengan nyawa seseorang.

” Oleh sebab itu, untuk mendukung kerja mereka, ruang operasi ini harus didesain dengan benar, sebab ruang operasi ini juga berada di gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Munyang Kute yang di pergunakan untuk tindakan emergency” jelas Sarkawi.

Ruang Operasi dengan jenis Modular Operating theatre (MOT) ini kata Bupati, seperti yang disampaikan, dimana Modular operating theatre ruang operasi sendiri itu memiliki material dan komponen yang beragam. MOT itu terdiri dari  berbagai komponen yang saling menunjang seperti  lampu operasi, meja operasi, pintu dan dinding khusus ruang operasi. Kemudian dilengkapi juga dengan X-ray, sensor, alat pemadam api,control panel sistem, alat pembersih ruangan khusus operasi dan lainnya, jadi  MOT atau Modular Operating Theatre adalah sistem ruangan operasi yang terintegrasi oleh satu kontrol panel, jelasnya.

“Jadi  ruang MOT sangat terjaga kebersihannya, terbebas dari kuman, sangat steril dan yang pasti sangat canggih, kinerjanya lebih mudah, tidak semua rumah sakit di Aceh memilki ini, ” tegas Bupati.

Disamping itu, kata Bupati, Pemerintah Daerah juga akan menambah Fasilitas yang ada di RSUD  Munyang Kute, seperti  untuk Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif  (PONEK) merupakan upaya penyediaan pelayanan bagi ibu dan bayi baru lahir, ini tentunya dalam rangka menurunkan angka kamatian ibu dan bayi.

“Harus diketahui, makanya saya katakan  tidak semua rumah sakit di Aceh yang memiliki ruangan MOT ini”ungkapnya.

Ia berharap agar RSUD Munyang Kute Bener Meriah terus  meningkatkan kualitas dan kinerja,  baik dalam fisik maupun SDMnya agar terjamin kesehatan masyarakat Bener Meriah.

“Untuk mencapai itu pihak Rumah Sakit harus secara rutin mengadakan pelatihan kepada Nakes, gunanya adalah untuk membantu Rumah Sakit dalam menyiapkan SDM yang kompeten dan teruji, dalam memberikan pelayanan yang komprehensif untuk mendayagunakan Rumah Sakit sebagai pelayan kesehatan masyarakat khususnya masyarakat Bener Meriah,” pesannya.(REL)

Related posts

l