Kepala BKKBN Pusat Jadi Warga Kehormatan Aceh Tengah

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, TAKENGON: Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, SpOG (K) didaulat sebagai warga kehormatan Kabupaten Aceh Tengah.

Pemberian tanda warga kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam acara penyambutan kunjungan kerja Kepala BKKBN Pusat ke Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (09/02) di Takengon.

Read More

Sebelumnya, kehadiran Hasto Wardoyo telah pula disambut secara adat melalui Tradisi Tari Munalo dan penyematan “Upuh Uleh-Ulen” sesaat ketika beliau menjejakkan kaki di Istana Reje (pendopo, red) sebagai penanda bahwa kehadirannya sangat diterima dengan mulia oleh masyarakat di Dataran Tinggi Gayo.

Dalam adat Gayo, Tari Munalo merupakan tari tradisional yang biasa digelar untuk menyambut kedatangan pemimpin sekaligus mendaulat bersangkutan sebagai warga kehormatan yang kedudukannya sama seperti warga masyarakat lainnya.

Sementara itu, penyematan upuh ulen-ulen memiliki filosofi ungkapan penghormatan, persaudaraan, serta perekat tali silaturrahmi antara masyarakat Gayo dengan tamu selaku pemimpin dan warga kehormatan didaerah ini.

“Pada saat bapak menjejakkan kaki di Pelantaran Bumi Gayo Aceh Tengah, bumi seribu gunung, maka seribu harapan tumbuh di celah hati sanubari kami, sanubari rakyat Aceh Tengah, yang selalu terbuka menyambut kedatangan pemimpin negeri,” bunyi kalimat pembuka.

“Bapak Kepala BKKBN yang kami muliakan, hari ini sebagai warga kehormatan Aceh Tengah, Bapak kami ajak memasuki pintu yang terbuka lebar, selanjutnya kami persilakan duduk di pelaminan adat Gayo yang menyiratkan bahasa Qalbu, marilah saudaraku kita bergandengan tangan membangun negri ini” Demikian penggalan kalimat penyambutan warga kehormatan secara adat.

Dalam kesempatan ini, Hasto Wardoyo menyampaikan terima kasih atas pemberian warga kehormatan dan penerimaan warga Aceh Tengah terhadapnya. Dia berharap dapat terus diberi kesempatan dan kekuatan untuk terus bisa memberikan yang terbaik bagi kemajuan masyarakat dan daerah Kabupaten Aceh Tengah.

“Kami berterima kasih atas kehormatan ini. Insya Allah kami akan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur masyarakat Gayo,” ujar mantan Bupati Kulon Progo itu ketika menerima Piagam Warga Kehormatan di Pendopo Bupati setempat. (REL)

Related posts