Forum Genre Aceh Tengah Dikukuhkan

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, TAKENGON: Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Aceh Tengah Periode 2021-2023 resmi dikukuhkan, Sabtu (10/04/2021).

Pengukuhan organisasi yang beranggotakan remaja berusia antara 10 hingga 24 tahun tersebut, ditandai dengan penyematan selempang oleh Bupati Aceh Tengah yang dalam hal ini wakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tengah Arslan Abd. Wahab, SE, MM di Aula Kantor P2TP2A, di Pegasing.

Read More

Tampak hadir menyaksikan dalam acara tersebut Bunda Genre Kabupaten Aceh Tengah, Puan Ratna yang juga merupakan istri orang nomor satu di Kabupaten penghasil Kopi Arabika terbaik di Dunia itu.

Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Tengah Drs. H. Alam Syuhada, MM dalam laporannya menyampaikan, Forum Genre dibentuk dalam rangka penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar memahami dan memperaktekan perilaku hidup sehat, berakhlak serta terhindar dari penyimpangan baik pernikahan dini, kekerasan seksual, napza, dan HIV/AIDS.

“Dengan adanya Forum Genre ini, akan memfasilitasi para remaja agar ikut serta dalam menurunkan angka pernikahan dini, memotivasi mereka agar tidak terjerumus pada seks bebas dan napza, serta memiliki kesiapan mental yang baik” lapor Alam.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan menyambut baik atas inisiatif pembentukan Forum Genre di Kabupaten itu.

Menurutnya, pembentukan Forum ini merupakan tanggungjawab moral bersama dari berbagai pihak untuk memberikan perhatian terhadap pembinaan maupun peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi para remaja.

“Remaja harus mendapatkan perhatian lebih agar dapat melalui masa penting ini sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhannya, sehingga dimasa yang akan datang kita mendapatkan remaja yang tangguh yang tumbuh dan berkembang secara optimal” ujar Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III, Arslan.

Secara khusus Bupati menekankan, hadirnya Forum Genre ini kiranya dapat membantu untuk mengisi kegiatan-kegiatan produktif remaja dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilakunya tentang keterampilan hidup untuk mengatasi berbagai masalah, mempersiapkan hidup berkeluarga dan tantangan hidup lainnya dalam rangka mewujudkan generasi berencana.

Dia juga berharap, dengan hadirnya Forum Genre ini akan mampu mengajak generasi muda di Kabupaten Aceh Tengah untuk berfikir jauh kedepan dalam merencanakan kehidupan dan mampu mengajak komunitasnya untuk menghindari pernikahan dini yang masih dapat ditemui di Daerah ini.

“Forum Genre ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi remaja Kabupaten Aceh Tengah untuk menjadi media dan motivator untuk menjauhi perilaku-perilaku negatif, yang jauh dari norma agama dan adat” tegas Bupati. (REL)

Related posts