Wali Kota Sabang Serahkan Zakat Senif Fakir Miskin

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com
Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom saat menyerahkan zakat senif fakir miskin secara simbolis kepada keuchik gampong perwakilan dari dua kecamatan di Kota Sabang

KABARACEH, SABANG: Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom menyerahkan zakat senif fakir miskin secara simbolis kepada keuchik gampong perwakilan dari dua kecamatan di Kota Sabang yang berlangsung di Ruang Kerja Wali Kota Sabang, Senin (26/4).

Wali Kota Sabang, Nazaruddin, S.I.Kom mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang rutin dilakukan melalui Badan Baitul Mal Kota Sabang. Penyaluran Zakat Senif Fakir Miskin diharapkan akan dapat membantu kehidupan masyarakat di Kota Sabang yang kurang mampu dalam hal ekonomi terutama selama masa pandemi Covid-19.

“Kondisi ekonomi kita sangat memprihatinkan karena Covid-19 belum selesai. Dengan adanya penyaluran zakat fakir miskin, masyarakat akan terbantu. Walaupun jumlah zakat sedikit berkurang, dan penerima justru bertambah, tapi kita tetap bersyukur kepada Allah SWT, zakat kita masih bisa tersalurkan melalui Baitul Mal,” kata Wali Kota Sabang yang akrab disapa Tgk Agam.

Wali Kota Sabang juga turut mengajak kepada seluruh masyarakat di Kota Sabang untuk bersama-sama berdoa agar Covid- 19 segera hilang, sehingga perekonomian di Indonesia khususnya di Kota Sabang akan kembali normal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Baitul Mal Kota Sabang Zulhilmi, MY. S.Ag menjelaskan, penerimaan zakat pada tahun ini mengalami penurunan. Hal itu diakibatkan adanya kenaikan harga emas. Sementara penerima zakat sendiri cenderung meningkat.

Adapun jumlah zakat senif fakir miskin yang akan disalurkan melalui Baitul Mal masing- masing Gampong itu, berjumlah Rp. 1.798.325.000,- yang nantinya akan diserahkan pihaknya kepada masing-masing Keuchik.

“Zakat yang akan disalurkan untuk senif fakir miskin berjumlah 1,7 Milyar lebih. Ini diperuntukkan untuk fakir miskin, baik yang ada di Sukajaya, maupun Sukakarya. Sementara penyaluran nanti kita dibantu Baitul Mal Gampong,” jelas Zulhilmi.

Untuk jumlah fakir miskin, pada Kecamatan Sukakarya terdapat, 632 KK dengan keterangan fakir dan 2295 KK dengan keterangan miskin. Sementara untuk Kecamatan Sukajaya, jumlah fakir terdapat 607 KK dan miskin 1996 KK.

“Penyaluraan zakat ini diperkirakan akan rampung kurang lebih dalam waktu tiga hari kedepan, dengan bantuan Baitul Mal Gampong dan Perangkat Keuchik masing- masing,” harapnya. (RD)

  • Whatsapp

Related posts