Ini Arahan Sekda Bener Meriah Kepada Aparatur Kampung di Kecamatan Permata

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, REDELONG: Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si bertindak sebagai Pembina apel bersama di Kecamatan Permata, tepatnya di halaman kantor Kecamatan Permata, Rabu (05/05/2021).


Sekda dalam arahannya saat itu menyampaikan apel yang dilaksanakan adalah apel lanjutan yang dilakukan di setiap kecamatan dalam rangka penyampaian sejumlah hal terkait data dan program yang dilaksanakan di tingkat pemerintahan kampung, yaitu: Pemenuhan Data MCP KPK. Persiapan Realisasi DD Tahap II. Aktualisasi Data Warga Miskin. Peran Bidan Desa Terhadap Penanganan Covid di Kampung. Data KB. Data Pertanian, dan Harmonisasi Aparatur Kampung.

Read More


Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si mengawali arahan dengan melakukan pengecekan jumlah data warga miskin penerima bantuan melalui beberapa kepala dusun yang ditanyakan langsung sebagai sampel. Dan selanjutnya instruksi langsung Skeretaris Daerah agar melakukan validasi segera, koordinasi dengan instansi dan dinas terkait.


Selanjutnya terkait pemenuhan data MCP KPK bahwa dari 8 Area Intervensi pencegahan korupsi terdapat 2 indikator yang masuk dalam tata kelola Dana Desa, yaitu Qanun Desa tentang APBDes dan Papan infografik APBDes. “Alhamdulillah untuk Kecamatan Permata Qanun APBDes telah rampung semua tinggal Papan Infografik yang harus segera dirampungkan, target sebelum pelaksanaan Idul Fitri harus sudah terpasang,”ucap Sekda.


Lebih dikatakan Drs. Haili Yoga, M.Si, terkait data program KB dan Warga yang belum masuk program KB agar Bidan Desa melakukan koordinasi dengan Dinas terkait dan melakukan pengecekan lapangan untuk menemukan permasalahan sebagai Data Valid.

Kemudian untuk Penyuluh Pertanian agar melakukan peran optimal dalam mendata lahan pertanian yang produktif dan tidak serta menemukan permasalahannya dengan cara melakukan kolaborasi bersama aparatur kampung terkait agar dicarikan solusi guna meningkatkan produktifitas pertanian masyarakat.
Selanjutnya kata Sekda saat itu, kepada aparatur kampung khususnya Imem Kampung agar melakukan evaluasi imam shalat masjid terhadap bacaan shalat, adakan pelatihan dan perbaikan serta regenarasi.

Terkait peningkatan kinerja kepada seluruh aparatur sudah harus memahami, menguasai dan menjalan tupoksi masing-masing. Dalam rangka pemenuhan target SAKIP “BB” serta pemenuhan data-data valid yang berbasis dikampung. Kepada mukim juga agar memaksimalkan peran terutama dalam hal menengahi perselisihan antara Reje dan Petue Kampung yang dapat menghambat kegiatan pembangunan kampung.


Diahir arahannya saat itu Sekda mengingatkan kepada seluruh pihak agar tetap hati-hati dalam melaksanakan aktifitas terkait pencegahan penyebaran Covid-19. “saya juga mengharapkan kepada aparatur terkait dan bidan desa agar melakukan pemantauan kesehatan warga serta memantau pergerakan warga yang keluar masuk kampung,”demikian Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si.(REL)

Related posts