Kampung Toweren Panen Padi Varietas Unggul Inpari 28

  • Whatsapp
filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, TAKENGON: Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar melakukan panen bersama padi sawah varietas unggul jenis Inpari 28, di Kampung Toweren Kecamatan Lut Tawar, Rabu (19/05/2021).

Kegiatan panen bersama tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Tengah, Kadis Pertanian, Sekretaris Dinas Pangan, Kadis PUPR, mewakili Kapolres dan Dandim, Camat dan Muspida Kecamatan Lut Tawar, Gapoktan, PPL dan Kejurun Belang Kemukiman Lut Tawar.

Read More

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyambut gembira panen padi jenis varietas unggul Inpari 28 hasil program gerakan mandiri pangan dan kampung tangguh nusantara yang produksinya mendapat 6,5 ton gabah kering panen per hektar ini.

Shabela menilai adanya alih tehnologi penggunaan varietas unggul ini sangat bermanfaat untuk menunjang keberhasilan sektor pertanian, terutama dalam meningkatkan hasil produksi.

“Berdasarkan hasil panen menunjukan produksi Inpari 28 mencapai 6,5 ton/ha/musim tanam. Sedangkan produksi padi lokal hanya 4,2-4,5 ton/ha/musim tanam. Artinya, dengan menggunakan varietas unggul Inpari 28 ada peningkatan produksi sebesar 2 ton/ ha,” ujar Shabela dalam sambutannya di Meunasah Kampung Owaq Toweren.

Bupati optimis, budidaya padi varietas Inpari 28 yang saat ini sedang dikembangkan pada 300 hektar sawah di Kecamatan Bintang dan Lut Tawar, sangat sesuai dengan klimatologi maupun tingkat kesuburan tanah sawah di diseputaran Danau Lut Tawar pada umumnya.

Dia juga berharap, penggunaan bibit varietas Inpari 28 ini dapat terus digunakan oleh seluruh masyarakat dan dapat dijadikan sebagai komoditi lokal, karena telah terbukti menghasilkan produksi yang lebih tinggi dan dapat dibudidayakan setahun dua kali panen.

“Kami berharap, kegiatan pertanian menggunakan bibit padi Inpari 28 ini dapat terus dilaksanakan kedepannya, segenap kelompok tani juga agar mendukung program ini sebaik-baiknya dengan melaksanakan budidaya tanaman padi sesuai petunjuk teknis oleh Dinas Pertanian maupun pendampingan oleh penyuluh pertanian di lapangan,” harap Shabela.

Dalam kesempatan itu, Bupati Shabela juga menegaskan bahwa dalam mendukung program ketahanan pangan ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian juga berencana melakukan perbaikan jaringan irigasi tersier dibeberapa lokasi pertanian (sawah) di Kecamatan Lut Tawar yaitu di Kampung Rawe, Kampung Kenawat, Kampung Toweren Uken dan Toweren Toa. (REL)

Related posts