Pertama, Pesawat Hercules Mendarat Mulus di Bandara Rembele

KABARACEH, REDELONG: Pesawat Hercules dengan registrasi A-1317 milik TNI AU mendarat mulus di bandar udara kebanggaan masyarakat Dataran Tinggi Gayo, Bandara Rembele Bener Meriah, (Minggu, 25/7/2021). Pendaratan pesawat dalam rangka uji landing ini cukup menarik menarik perhatian karena pertama sekali pesawat besar mendarat di Bandara Rembele.

Pesawat yang beroperasi terbesar saat ini adalah pesawat berkapasitas 72 penumpang yaitu ATR72. Bandara Rembele sejak dikembangkan dan diresmikan Presiden Jokowi tahun 2016 lalu sebenarnya secara teknis memang bisa menampung pesawat terkritis yaitu Hercules C-130 dan sekelas Boeing 737 classic. Namun, baru Hercules A-1317 yang perdana uji coba landing di Bandara Rembele dengan lancar dan aman.

Read More

Pilot pesawat Letkol Pnb. Y. Marvien Aryaka, M, Sc. usai pendaratan mengungkapkan pada wartawan bahwa sesuai prosedur, sebelum landing di Bandara Rembele melakukan pengecekan data mengenai kondisi Bandara Rembele. “Seperti bagaimana ketebalan landasannya atau kemampuan Bandara landing pesawat, dan data-data lain. Dari data yang kami kumpulkan dan hasil perhitungan kami, kemampuan Bandara ini bisa membawa pesawat sekitar 141.000 pounds,” tutur Marvien Aryaka yang didampingi Plt Bupati Bener Meriah Dailami, Danlanud SIM Kol. Pnb. Hendri Ahmad Badawi, Dandim 0119 Bener Meriah Letkol Inf Valyan Tatyunis, Danyonif RK 114/SM Letkol Inf Outra Negara, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Rembele Faisal, ST.MT, dan Kadis Perhubungan Bener Meriah Abdul Gani.

Lebih lanjut Letkol Pnb. Y. Marvien Aryaka, M.Sc mengatakan keberhasilan pendaratan Hercules milik TNI AU di Bandara Rembele bisa mendukung program-program Pemerintah yang membutuhkan pesawat TNI AU. “Apabila ada suatu kejadian yang memang membutuhkan pesawat TNI AU, sementara pesawat sipil kapasitas terbatas, bisa didukung pesawat TNI AU,” imbuh Marvien Aryaka.

Uji coba pesawat Hercules A1317 di bandara kebanggaan Kabupaten Bener Meriah dan kawasan Dataran Tinggi Gayo dalam rangka penjemputan pasukan TNI Yon 114 Satria Musara ke Papua. Pemberangkatan pasukan direncanakan pada Senin (26/7/2021) dengan rute Medan, Pontianak, lalu ke Timika (Papua). (REL).

Related posts