Wali Kota Sabang Apresiasi Gampong Aneuk Laot di Kompetisi Tingkat Nasional BCA Desa Wisata Award 2021

Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom

KABARACEH, SABANG: Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom mengapresiasi kepada seluruh pihak yang berperan aktif hingga Gampong Aneuk Laot berhasil masuk 5 besar secara nasional desa wisata kategori budaya dalam kompetisi BCA Desa Wisata Award tahun 2021.

“Ini merupakan pencapaian yang sangat baik, semoga Gampong Aneuk Laot yang menjadi satu-satunya utusan dari Aceh bahkan Sumatera dalam kompetisi ini bisa memperoleh hasil yang terbaik sekaligus bisa memotivasi Gampong lain di Sabang untuk berprestasi” harap Wali Kota Sabang.

Setelah melalui beberapa tahapan penjurian sejak bulan April 2021 lalu, Gampong Aneuk laot yang telah masuk dalam 5 besar desa wisata kategori budaya dalam kompetisi BCA Desa Wisata Award 2021, kini mengikuti penjurian tahap akhir (final). Kegiatan ini dilakukan secara daring untuk memilih tiga besar pada kategori yang sama dengan bersaing dari desa lain di seluruh Indonesia.

Irwan Mahdi, yang merupakan salah satu perwakilan dari Gampong Aneuk Laot mengatakan beberapa hal yang dilakukan untuk menjadikan Gampong Aneuk Laot sebagai desa wisata, dimulai dengan pendataan, peningkatan sumber daya manusia dan program kebersihan.

“Kita juga membungkus atraksi budaya sehari-hari dari masyarakat sehingga lebih menarik dan diminati oleh wisatawan. Atraksi-atraksi ini selanjutnya dipasarkan melalui jaringan online, travel agent dan organisasi pariwisata,” jelas Mahdi.

Kemudian, selain dirinya, Fatwa Amri dan Maulidin yang juga mempresentasikan Gampong Aneuk Laot mendeskripsikan secara singkat sejarah terbentuknya Gampong Aneuk Laot yang merupakan cikal bakal dari program PNPM Pariwisata dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tahun 2011.

Lebih lanjut juga dijelaskan akan program-program BUMG yang mendukung program desa wisata diantaranya program toko sovenir dan pengembangan usaha kreatif masyarakat.

Secara keseluruhan sesi presentasi dan sesi tanya jawab bersama dewan juri dari BCA dan ahli pariwisata nasional ini berlangsung selama 40 menit. Hasil dari semua tahap penjurian ini akan diumumkan pada tanggal 3 September 2021.

Dewan juri BCA Desa Wisata Award 2021 diantaranya yaitu Komisaris BCA Cyrillus Harinowo, Executive Vice President Inge Setiawati, Pengamat, Ahli & Deputy Pegembangan Destinasi & Infrastruktur Tahun 2020-2021 Hari Sungkari, Direktur Tata Kelola Destinasi & Pariwisata Berkelanjutan Indra Ni Tua, dan terakhir Ketua Program Studi Magister Pariwisata Berkelanjutan Universitas Padjajaran Dr. Evi Novianti M.Si. (RH)

Related posts