Asisten I Sekda Kota Sabang Buka Musrenbang Kecamatan Sukamakmue

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, SABANG: Wali Kota Sabang yang diwakili Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Kota Sabang, Andri Nourman AP. M.Si membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sukamakmue Sabang tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kecamatan Sukakarya Sabang, Selasa (15/3/2022).

Asisten I Sekda Kota Sabang mengatakan penyelenggaraan Musrenbang ini merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPK Tahun 2023 yang rutin dilakukan setiap tahun dan menjadi program secara nasional dimulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kab/kota sampai ke tingkat nasional.

“Musrenbang kecamatan Sukamakmue adalah yang pertama tahun ini sejak pembentukan kecamatan Sukamakmue, mudah-mudahan awal ini menjadi kesempatan yang baik bagi Kita semua, dalam menyusun program prioritas yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan serta aspirasi masyarakat,” kata Asisten I Sekda Kota Sabang, Andri Nourman AP. M.Si.

Lebih lanjut dikatakan, dalam mewujudkan pembangunan, keikut-sertaan dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi yang mutlak diperlukan, termasuk adanya partisipasi swadaya dari masyarakat.

“Setiap tahunnya Kita merumuskan dan menyusun rencana pembangunan. Mungkin ada beberapa program yang telah direncanakan pada tahun-tahun sebelumnya, yang sampai hari ini belum bisa terealisasi. Jangan pesimis, tetap optimis, bisa jadi program tersebut belum terealisasi dikarenakan masih ada hambatan dalam perumusannya, sehingga berpengaruh dalam penuntasan program tersebut,” terangnya.

Menurutnya, perlu diterapkan sistem perangkingan terhadap program-program prioritas yang akan dilaksanakan. Sehingga program tersebut akan mengacu pada skala prioritas, agar dalam realisasinya berbagai program pembangunan yang akan dilaksanakan benar-benar tepat sasaran dan sesuai kebutuhan gampong.

“Semua pihak harus melakukan penyesuaian, dengan segala keterbatasan seharusnya kita semua bisa bersama-sama untuk merencanakan dan memprioritaskan hal yang harus segera dilaksanakan. Ini mungkin menjadi satu acuan untuk berjuang bersama agar program-program dapat terlaksana sesuai dengan harapan,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Sukamakmue, Nurmansyah Putra S.STP menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan untuk menggali informasi dan menampung berbagai aspirasi masyarakat yang akan menjadi prioritas pelaksanaan pembangunan dalam wilayah Kecamatan Sukamakmue Kota Sabang.

“Sehingga terciptanya hubungan yang sinergi antara Pemerintah dengan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan daerah. Semoga forum Musrenbang ini dapat menjadi wadah untuk menampung dan mewujudkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah,” tambahnya. (REL)

Related posts