Sekdako Sabang: West Sumatera Yacht Rally 2022 Sebagai Ajang Promosi Potensi Pariwisata

KABARACEH, SABANG: Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM memperkenalkan potensi Kota Sabang kepada para peserta dari berbagai negara yang mengikuti West Sumatera Yacht Rally 2022, ketika menghadiri kegiatan Welcoming Ceremony West Sumatera Yacht Rally 2022, yang berlangsung di Area Menara Merah Putih Kota Sabang, Kamis (17/3/2022).

West Sumatera Yacht Rally 2022 diikuti oleh 15 yacth dengan jumlah peserta 26 orang dari berbagai negara di Asia, Eropa dan Amerika. Para yacther ini nantinya akan mulai dari Kota Sabang yang menjadi titik start, mereka akan transit sedikitnya di 13 titik lainnya, selain Aceh Singkil, yachter akan transit di Gunung Sitoli dan Nias (Sumatera Utara), Mentawai (Sumatera Barat), Bengkulu, Tanjung Lesung, dan berakhir di Natuna Provinsi Kepulauan Riau.

Wali Kota Sabang yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM dalam sambutannya menjelaskan sedikit gambaran tentang Kota Sabang yang merupakan salah satu destinasi wisata nasional yang cukup terkenal di ujung barat Indonesia dan menyimpan potensi wisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

“Potensi wisata Sabang yang cukup terkenal saat ini adalah taman wisata alam bawah laut dengan terumbu karangnya yang indah dan ada juga perairan hydrotermal,” kata Sekdako Sabang.

Kemudian, terdapat Tugu Nol Kilometer Indonesia, air terjun Pria Laot dan danau Aneuk Laot, heritage, kawasan wisata gunung berapi serta pulau-pulau kecil yang merupakan objek wisata unik di Kota Sabang. Kota Sabang juga memiliki potensi budaya masyarakat yang ramah dengan beragam suku di Indonesia.

“Perhelatan West Sumatera Yacth Rally 2022 ini kami pandang merupakan salah satu sarana promosi yang efektif dalam rangka memperkenalkan Sabang khususnya di sektor pariwisata. Semoga jumlah kunjungan turis asing, yacht dan cruise terus bertambah di masa yang akan datang, karena kemudahan Visa On Arrival atau (VOA) langsung yang bisa diperoleh di Sabang khususnya bagi yacth atau cruise yang berkunjung ke Sabang” terangnya.

Sekda Kota Sabang juga turut menyampaikan terima kasih kepada pihak Even Organizer Yacht Rally Wonderful Sail to Indonesia dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia yang telah mempercayakan Kota Sabang sebagai titik awal West Sumatera Yacth Rally tahun 2022 ini.

Hal senada disampaikan Kepala BPKS melalui Deputi Komersial dan Investasi Erwanto yang menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan untuk Kota Sabang sebagai start West Sumatera Yacht Rally 2022.

“Dengan kedatangan peserta West Sumatera Yacht Rally 2022, diharapkan semakin banyak pengunjung yang datang berkunjung ke Kota Sabang,” harapnya.

Erwanto turut mengajak mengajak peserta West Sumatera Yacht Rally 2022 untuk memanfaatkan kesempatan di Kota Sabang sebagai tempat yang tidak hanya untuk pariwisata di Indonesia, tetapi juga untuk investasi, perdagangan dan sekaligus mempromosikan Kota Sabang di negara masing-masing peserta. (REL)

Related posts