Maknai Hari Kebangkitan Nasional, Sekda Kota Sabang Ajak Warga Bangkit dari Pandemi Covid-19

KABARACEH, SABANG: Pemerintah Kota Sabang menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022, yang berlangsung di Lapangan Playground Kota Sabang, Jum’at (20/5).

Sekretaris Daerah Kota, Drs. Zakaria MM yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate mengatakan bahwa momentum Hari Kebangkitan Nasional diharapkan bisa menjadi tonggak kebangkitan pasca pandemi Covid-19 dan juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia saat ini.

Sebagaimana diketahui, pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno telah menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Semangat Boedi Oetomo, patut dan relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa.

“Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif untuk memperkuat persatuan bangsa,” kata Sekda Kota Sabang.

Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, upaya yang selama ini dilakukan menunjukkan hasil yang positif. Hasil ini berimplikasi pada berangsurnya kembali aktivitas masyarakat secara normal dan mendorong pemulihan
perekonomian nasional.

Lebih lanjut Sekda Kota Sabang juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional.

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Ini memberikan spirit
baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

“Selama pandemi Covid-19, kita tidak pernah meluruhkan cita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini,” terangnya. (REL)

Related posts