Belasan Dayah di Aceh Tengah Teken Kontrak Hibah Sarana dan Prasarana Belajar

filename - kabaracehonline.com
Penandatanganan kontrak Hibah untuk sejumlah dayah di Aceh Tengah

KABARACEH, TAKENGON: Belasan Dayah pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tengah mendapatkan bantuan  pembangunan sarana dan prasarana belajar dayah, bantuan ini bersumber dari dana minyak dan gas (Otsus Migas) Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun Anggaran 2022.

Penandatangan Kontrak Hibah ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan  Dayah penerima yang berlangsung di Balai Pengajian Kesejahteraan Masyarakat Aceh Pesisir (KMAP) Takengon, dan disaksikan oleh, Anggota DPRA, Bardan Sahidi, Sabtu (4/6/2022).

Read More

“Alhamdulillah, tahun ini kami dapat mengalokasikan anggaran untuk 15 dayah penerima manfaat pembangunan sarana dan prasarana belajar dayah, pondok pesantren tersebar di Kabupaten Aceh Tengah  melalui Dinas Pendidikan Dayah”ungkap Bardan Sahidi. 

Anggota DPRA dari PKS ini menjelaskan dari 14 kecamatan di Aceh Tengah, masing masing mendapatkan hibah satu unit dayah, balai pengajian pondok pesantren.

Untuk kecamatan Pegasing ada dua dayah dengan tipe A Pondok Pesantren Terpadu Al Azhar Paya Jeget Kecamatan Pegasing yang mengampu SMP dan SMA, selanjutnya Dayah Darul Amal Uring Kecamatan Pegasing, yang mengampu MTs dan MA. Selama masa pandemi kedua dayah ini masih belajar mengajar dengan prokes yang ketat.

Sementara itu, penandatangan kontrak hibah ini adalah kali ketiga setelah sebelumnya dilakukan untuk sejumlah Dayah di kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Bantuan ini menurutnya tidak tertutup kemungkinan akan terus berlanjut hingga dayah-dayah yang mendapatkan bantuan tersebut mampu mandiri dengan akreditasi dan tipe Dayah.

“Semoga bermanfaat, dan dapat fungsional sampai santri nyaman belajar dalam Ruang Kelas Baru (RKB) dan bilik/asrama santri yang luas, tidak berhimpit seperti tahun tahun sebelumnya”harapnya.(ARS)

Related posts