Tim Verifikasi PPID Aceh Kunjungi Bener Meriah

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, REDELONG: Tim Verifikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kampung Provinsi Aceh akan turun ke Kabupaten Bener Meriah dalam rangka Kunjungan Lapangan verifikasi PPID Gampong Terbaik Tingkat Provinsi Aceh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi didampingi Kepala Bidang Layanan Informasi Publik Jamilah, Sabtu (18/6/2022).

Ilham Abdi menyampaikan bahwa kepastian itu diterima berdasarkan surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Provinsi Aceh tertanggal 14 Juni 2022 yang ditanda tangani Kepala Dinas PMG Aceh, Zulkifli.

“Khusus untuk Kabupaten Bener Meriah, Pemerintah daerah telah menetapkan Kampung Babussalam Kecamatan Bukit dan Kampung Puja Mulia Kecamatan Bandar,” jelas Ilham Abdi.

Menurutnya, itu dilakukan oleh Tim Verifikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kampung Provinsi Aceh terkait pelaksanaan Anugerah Apresiasi Keterbukaan Infomasi Publik Desa Tingkat Nasional 2022 yang menjadi lokus dan fokus keterbuakaan informasi publik, yang antinya akan direkomendasikan lima Gampung untuk mewakili Provinsi Aceh.

Tim kata dia, akan melakukan pendalaman di lapangan tentang komitmen, SDM, dokumen, partisipasi, akses, dan inovasi terhadap kampung/desa yang akan dikunjungi.

Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah juga mengungkapkan, jika dilihat dari regulasi Komisi Informasi Pusat (KIP) tentang Apresiasi Desa dalam inplementasi Keterbukaan Informasi Publik 2022 ini cukup komplek dan rinci. “Ada indikator penilaian seperti yang di atas tadi, kemudian tentang tahapan penilaian sosialisasi, rekomendasi, desk review, pendalaman lapangan, rapat penentuan, penganugerahan,” tambahnya.

Menurutnya, tim verifikasi ini juga akan mengajukan beragam pertanyaan, baik tentang komitmen, SDM, dokumen, partisipasi, akses, dan inovasi apa saja yang telah dibuat. “Pertanyaannya memang cukup komplek, kita harapkan nantinya semua aparatur kampung yang akan dikunjungi ini sudah sangat siap,” pesan Ilham Abdi.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bener Meriah khususnya yang berada di Kampung Babussalam dan Kampung Puja Mulia, untuk mendukung aparaturnya.

“Mari kita berikan dukungan dan motivasi untuk Kampung Babussalam dan Puja Mulia agar bisa melaju mulus ke tingkat nasional mewakili Aceh pada ajang Apresiasi Desa Implementasi Keterbukaan Informasi Publik 2022 ini,” tutup Ilham Abdi. (REL).

Related posts