PJ Bupati Bener Meriah Kembali Ajukan Usulan Pembangunan Dry Port

filename - kabaracehonline.com

KABARACEH, REDELONG: Pj Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si kembali usulkan pembangunan Pelabuhan Darat atau Dry Port dalam kunjungan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Jakarta, dalam rangka pengusulan program pembangunan di Kabupaten Bener Meriah. (26/07/2022)

Kehadiran Pj Bupati Bener Meriah dan rombongan itu disambut langsung oleh Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Dodik bersama Jajarannya di ruang rapat, Kahuripan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Read More

“ Pemerintah Kabupaten Bener Meriah ingin kembali mengusulkan Pembangunan Pelabuhan Darat atau Dry Port, sebagaimana tahun sebelumnya sudah diusulkan dan telah dilakukan kajian oleh Litbang Kemenhub”, sebut Haili Yoga.

Ia melanjutkan, “ Pelabuhan darat ini menjadi harapan bersama kita untuk dapat terealisasi pembangunannya, karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi perdagangan Komoditi unggulan Kabupaten Bener Meriah dan kabupaten tetangga, seperti perdangangan Kopi, Pinang, Kakao, Pisang dan Komoditi ekspor lainnya”jelasnya.

“ Selain mendekatkan proses ekspor para pelaku usaha, kehadiran Pelabuhan darat juga dapat menjamin dan menjaga keaslian Kopi Arabika Gayo, yang mana saat ini sudah menjadi incaran para penikmat kopi dunia”, papar Pj Bupati Bener Meriah itu.

Menjawab Usulan Pj Bupati Haili Yoga, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Dodik menjelaskan, bahwa Ia dan jajarannya akan mereview kembali hasil kajian Litbang Kemenhub, dengan melakukan pembaruan data, sebagai acuan yang akan dilaporkan kepada Menteri perhubungan, sehingga menjadi bahan pertimbangan dijadikan Program Strategis Kemenhub.

Peneliti Litbang, Mukhtar yang turut hadir dalam kesempatan itu, ikut membenarkan bahwa Kabupaten Bener Meriah sudah layak memiliki Pelabuhan darat, hal tersebut di tinjau dari hasil bumi yang memiliki pasar ekspor dan letak geografis Bener Meriah yang diapit beberapa Kabupaten di wilayah Tengah Aceh. (REL).

Related posts