Banjir,  Rumah Warga di Tiga Desa di Subulussalam Terendam Air

Kondisi banjir yang terjadi di Kota Subulussalam, Provinsi Aceh pada Senin (31/10/2022). Foto/BPBD .

KABARACEH, SUBULUSSALAM : Dipicu hujan deras dengan itensitas tinggi pada Senin (31/10) pukul 05.15 waktu setempat, sejumlah kawasan Subulussalam, Aceh mengalami banjir. Tercatat tiga desa di wilayah Kecamatan Sultan Daulat terdampak banjir, seperti Desa Jabi-Jabi, Desa Sigrun dan Desa Suka Maju.

Menurut laporan yang diterima Pusdalops BNPB, sebanyak 245 kepala keluarga dan 245 unit rumah warga tergenang air dengan ketinggian bervariasi antara 10 hingga 100 centimeter. Belum ada laporan terkait pengungsian maupun korban jiwa akibat peristiwa ini.

Read More

BPBD Kota Subulussalam melakukan penanganan bencana sejak terjadi banjir telah melakukan pendataan dan bersiap siaga serta monitoring di lokasi terdampak guna memantau debit air dan melakukan penanganan lebih lanjut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Aceh Singkil, Aceh Besar, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Bener Meriah, Langsa, dan Pulau Aceh pada Selasa (1/11). Kemudian Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Tenggara, Simeulue, Tangse, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Bireuen, dan Bener Meriah pada Rabu (2/11).

Merespon potensi cuaca ekstrem yang masih akan terus terjadi, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana akibat dari cuaca ekstrem.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan seperti, memantau prakiraan cuaca dan mengetahui potensi bencana di sekitar lingkungan kita. Kemudian menyusun rencana evakuasi dan menentukan tempat evakuasi yang lebih aman. (REL)

Related posts