Pemkab Aceh Tengah Sepakati Kerjasama Penyediaan Sarpras Pabrik Gula

filename - kabaracehonline.com

BANDA ACEH, TAKENGON: Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melakukan kerjasama strategis dengan PT. Grup Nusantara, Holding Pangan ID FOOD dibidang penyediaan sarana prasarana (sanpras) pabrik gula di Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah.

Hal tersebut berlangsung dalam kesempatan Dialog Investasi Berkelanjutan Aceh Gayo (AGASID 2022) Business Matching, yang mengangkat tema “Advancement of Aceh Investment through Sustainable Downstream Ecosystem” gelaran hari pertama, Minggu (30/10/2022).

Read More

Dalam perjanjian tersebut, kedua perusahaan sepakat untuk melakukan optimalisasi dan peningkatan produktivitas pabrik gula dibawah naungan PT. Grup Nusantara, kedua belah pihak meyakini komoditas gula merupakan salah satu yang bernilai strategis bagi ketahanan pangan nasional.

Kedua belah pihak menegaskan kepentingan bersama dalam penjajakan kerjasama bisnis dalam bentuk promosi produk dan/atau jasa, perdagangan, pertukaran informasi bisnis penelitian dan pengembangan pembentukan kerjasama usaha patungan, investasi dan lain-lain untuk lebih mencapai tujuan “bisnis” kedua belah pihak.

Berdasarkan ketentuan MoU ini, kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan diskusi jika ada peluang untuk memastikan sejauh mana kegiatan koperasi dapat dilaksanakan di masa depan, Mencari peluang usaha di negara masing-masing pihak, dan Berkolaborasi dalam kegiatan di area bisnis yang sama dengan kebutuhan Potensi nilai transaksi yang akan dibahas adalah sebesar Rp.16.000.000.000,.

Selanjutnya kedua belah pihak sepakat bahwa penandatanganan MoU ini tidak menghalangi salah satu pihak untuk menandatangani suatu dokumen yang serupa dengan pihak atau para pihak lain atau selanjutnya mewajibkan kedua belah pihak untuk menandatangani perjanjian lain satu sama lain.

Untuk kerjasama yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU), yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam hal ini diwakili oleh, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM, dan Manager Operasional PT.Grup Nusantara, Andre.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM, mengatakan sinergi antara kedua belah pihak tersebut akan memberikan manfaat yang maksimal bagi kedua belah pihak.

“Kami sangat terbantu dengan adanya MoU bersama PT.Grup Nusantara, ini. Karena itu kami berterimakasih atas kerjasama ini dan semoga bisa berkembang di bidang lainnya,” Jelas Harun Manzola.

Sementara itu, Manager Operasional PT.Grup Nusantara, Andre, menyambut antusias kolaborasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak, Sebagai perusahaan nasional dengan pengalaman panjang di bidang industri agro, PT.Grup Nusantara terbukti menghasilkan produk komponen pabrik gula yang handal dan telah terpasang di berbagai pabrik gula yang ada di Indonesia.

Selain itu juga berkomitmen terus mendukung pengembangan infrastruktur industri gula nasional dengan menjadi solution provider bagi pembangunan pabrik gula tanah air.

Yang tidak kalah penting, lanjutnya, adalah keinginan untuk terus memberikan nilai tambah serta mendorong terciptanya kemandirian industri dalam negeri melalui komitmen penggunaan konten lokal yang tinggi. Kerja sama ini juga penting bagi terwujudnya ketahanan pangan serta terciptanya kemandirian industri manufaktur nasional di Kabupaten Aceh Tengah. (REL)

Related posts