Pj Bupati Aceh Besar Serahkan Bantuan Combine Harvester Besar kepada Petani Bantuan DPR RI

filename - kabaracehonline.com
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM, saat menyerahkan combine harvester ukuran besar kepada kelompok tani di Kabupaten Aceh Besar.

KABARACEH, KOTA JANTHO: Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM, Senin (14/11/2022), secara simbolis menyerahkan bantuan alat panen padi mekanis berupa combine harvester ukuran besar kepada kelompok tani di Kabupaten Aceh Besar.

Penyerahan yang merupakan bantuan anggota DPR RI asal Aceh H Irmawan SSos MM dan Muslem SHi MM tersebut dilakukan di kompleks Dinas Pertanian Aceh Besar dan turut dihadiri Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar SP MSi, pejabat terkait lainnya, serta kelompok tani penerima bantuan.

Bantuan combine harvester besar tersebut secara simbolis masing-masing diterima oleh Kelompok Tani Aneuk Seulawah Gampong Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah, Kelompok Tani Muda Jaya Gampong Deyah Kecamatan Kuta Baro, dan Kelompok Tani Pantee Bueng Kecamatan Ulee Kareung, Kecamatan Indrapuri.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Besar juga menyerahkan bantuan pompa air dan hand sprayer untuk kelompok tani di wilayah itu, Bantuan pompa air masing-masing diterima Kelompok Tani Ingin Sejahtera, Gampong Seuneubok, Montasik.

Selanjutnya Kelompok Tani Walu Persada Gampong Cot Mancang Kecamatan Kuta Baro, Kelompok Tani Rahmat Alam Podre Gampong Jruek Balee Kecamatan Indrapuri, serta Kelompok Tani Lamdaya Makmur Sejahtera Gampong Lingom Kecamatan Indrapuri.

Adapun bantuan hand sprayer masing-masing diperoleh Kelompok Tani Cot Buaya Gampong Cot Karieng Kecamatan Indrapuri, Kelompok Tani Padi Hijau Gampong Batee Linteung Kecamatan Simpang Tiga, serta Kelompok Tani Makmue Beurata Gampong Barueh Kecamatan Kota Jantho.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Iswanto mengharapkan kepada kelompok tani agar menjaga dan memanfaatkan bantuan tersebut secara baik, sehingga hasil pertanian yang diperoleh akan terus meningkat.

Kita berharap, bantuan ini dapat berguna sehingga meningkatkan produksi padi dan pendapatan petani di Aceh Besar. Kita juga memberi apresiasi kepada anggota DPR RI asal Aceh yang sudah membantu petani di Aceh Besar ini,” ucapnya.

Combine harvester besar tersebut sangat penting untuk mendukung operasional kegiatan pertanian, khususnya padi sawah. Kehadiran mesin tersebut berguna untuk mempercepat kegiatan panen sehingga memungkinkan petani untuk melakukan penanaman cepat dan tepat waktu. Dengan demikian, kehadiran mesin ini semakin mendorong petani dalam meningkatkan produktivitas arealnya usaha taninya.

Sementara itu, Tenaga Ahli anggota DPR RI Irmawan SSos MM, Munawar menambahkan, selain traktor roda empat, untuk petani di Aceh Besar, FKB DPR RI juga membantu unit pengolahan pupuk kompos, handsprayer elektri, pompa air, dan juga mesin pengering padi kapasitas 10 ton (vertikal dryer). “Untuk hari ini kita bantu mesin pemotong padi modern 2 unit, pompa air 4 inc 4 unit dan handsprayer electric 9 unit. “Harapan kami semoga bantuan ini berguna bagi petani,” terangnya. (REL)

Related posts