Sekda Aceh: Perlu Kolaborasi untuk Tanggulangi Virus Corona

Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, membuka rapat koordinasi yang dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan unsur terkait lainya, untuk membahas langkah-langkah Pemerintah Aceh dalam mengantisipasi wabah virus corona, di Kantor Gubernur Aceh, Jumat, 06/03/2020.

KABARACEH, BANDA ACEH:  Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, mengatakan, kolaborasi semua pihak di Aceh dibutuhkan untuk menanggulangi penyebaran virus corona dan mengendalikan kepanikan masyarakat di Aceh.

“Rapat kita hari ini adalah menyamakan persepsi untuk menangani virus corona ini, sehingga kita satu bahasa,”kata Sekda Aceh saat memimpin rapat pembahasan penanganan virus corona, di Ruang Rapat Potensi Daerah Kantor Gubernur Aceh, Jum’at, (6/3).

Rapat pembahasan penanganan virus corona itu diikuti oleh Forkopimda Aceh, antara lain,  unsur Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh, Meneger PT Angkasa Pura Bandara SIM, Kepala Pelabuhan, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Pengadilan Tinggi, Kepala Kanwil Beacukai Aceh, BPOM, Kejaksaan Tinggi, Bank Indonesia dan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA).

Sekda mengatakan, langkah antisipasi penularan Covid-19 terhadap masyarakat Aceh telah dilakukan Pemerintah Aceh sejak pertama kali muncul di Kota Wuhan, China. Saat itu Pemerintah Aceh langsung menjalin komunikasi dengan mahasiswa di sana untuk memastikan kecukupan logistik selama diisolasi serta membangun komunikasi dengan Kemenlu agar mahasiswa Aceh segera dievakuasi.

Kemudian, kata Sekda, Pemerintah Aceh sudah mendirikan posko di Dinas Kesehatan Aceh sebelum kasus Covid-19 terjadi di Indonesia. Posko itu kini berfungsi untuk melayani laporan masyarakat jika ada orang yang diduga terinfeksi virus.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan dua rumah sakit rujukan untuk menangani pasien suspek Covid 19, yakni, RSUD Zainoel Abidin di Banda Aceh dan RSUD Cut Mutia di Aceh Utara.

Sekda Aceh meminta, semua pihak di Aceh dan seluruh Dinas di bawah Pemerintah Aceh ikut  melakukan upaya pencegahan terhadap Covid-19 sesuai dengan peran dan wewenangnya masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, menambahkan, untuk mencegah penyebaran virus, pemerintah menetapkan kriteria khusus bagi mereka yang melakukan perjalanan dari luar negeri. Mereka yang pulang dari luar negeri akan dipantau oleh petugas kesehatan di puskesmas domisili.

“Selama 14 hari mereka akan dipantau, jika terjadi gejala flu dan demam mereka akan segera ditangani untuk dilakukan perawatan dan dicek untuk dipastikan apakah positif atau negatif corona,” ujar dia.

Direktur RSUD Zainoel Abidin, Azharuddin, mengatakan, rumah sakit yang ia pimpin itu sudah siap untuk menangani pasien yang diduga tertular Covid 19. Ia mengatakan, sampai saat ini belum ada masyarakat Aceh yang suspek virus corona.

“Pasien yang dirujuk ke Zainoel Abidin karena diduga suspek corona juga sudah dilakukan pemeriksaan di laboratorium dan yang bersangkutan tidak positif,” kata dia.

Sementara itu, Asisten Operasi Kodam IM, Kolonel Inf Wahyu Dili Yudha Irawan, mengatakan, pihak TNI telah membentuk satgas anti virus corona. Satgas ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam menyikapi penyebaran virus. 

“Saya perintahkan kepada TNI yang ada di daerah agar memberi pelajaran singkat tentang corona ini sampai kepada masyarakat, mereka ditugaskan sampai ke sekolah dan kelompok masyarakat,” ujar Wahyu.

Kabid  Dokkes Polda Aceh, Kombes Pol Wijatmoko, mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan satgas di berbagai daerah untuk mendorong masyarakat tidak panik, tapi tetap melakukan upaya pencegahan.

Upaya antispasi Covid- 19 juga dilakukan melalui pintu masuk udara, General Maneger PT Angkasa Pura Bandara Sultan Iskandar Muda, Yos Suwagiono, mengatakan pihaknya terus memperketat pemeriksaan suhu badan penumpang, terutama mereka yang melakukan perjalanan luar negeri. Di sejumlah lokasi Bandara juga sudah dipasang hand sanitizer.

“Sejak 1 Maret lalu, kita juga sudah melakukan pemeriksaan suhu badan seluruh karyawan di Bandara,” kata Yos.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, Safuadi, mengatakan, jika terjadinya kelangkaan kebutuhan bahan pokok di Aceh, pihaknya siap memfasilitasi dan membantu percepatan proses impor segala kebutuhan masyarakat. (*)

Related posts