Dansatrad 233 Sabang, Edukasikan Prototype Energi Terbarukan

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Memperkenalkan PLTMH kepada anak sejak dini di dunia bermain

KABARACEHONLINE, SABANG: Beberapa masyarakat pasti mengetahui bahwa krisis energi sedang dialami saat ini bahkan diprediksi akan terjadi dimasa mendatang, solusi memanfaatkan energi terbarukan menjadi penting untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu solusi tersebut diperkenalkan Dansatrad 299 Sabang kepada anak-anak sejak dini yaitu dengan membuat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), Rabu 2 September 2020.

Dikutip dari laman Indojaya News, Komandan Satrad 233 Sabang, Letkol Lek Firmansyah, M. Sc memperkenalkan PLTMH kepada anak sejak dini di dunia bermain, untuk merangsang anak agar peduli akan kondisi lingkungan serta selalu kreatif dalam menciptakan energi terbarukan di masa mendatang.

“Pendidikan anak sangat penting untuk membangun karakter dan kecintaannya akan sesuatu saat dewasa nanti. Oleh karenanya, kesempatan baik ini kami harapkan dapat menjadi trigger bagi anak2 untuk peduli akan kondisi lingkungan serta selalu kreatif dalam menciptakan energi terbarukan di masa mendatang”, kata Letkol Firmansyah.

Lanjut dikatakan Dansatrad, prototype mini hidro turbin yang diperkenalkan ini adalah salah satu alternatif pembangkit listrik tenaga air skala kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan yang masuk dalam kategori clean energy atau ramah lingkungan.

“PLTMH tidak hanya sebagai energi alternatif tetapi juga berkontribusi terhadap perbaikan mutu lingkungan hidup karena mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang berdampak terhadap polusi udara, hujan asam, dan efek rumah kaca,” tambahnya.

Sangat beruntung bahwa di pulau Weh Sabang masih menjaga kelestarian fungsi hutan dan menjamin kontinuitas hasil air yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga dapat digunakan untuk pembangunan PLTMH.

“Melihat potensi tersebut terlebih lagi dengan tersedianya air terjun yang mengalir sebagai sumber utama penghasil energi listrik saya langsung tertarik untuk mengembangkannya,” tambahnya lagi.

Ini hanya prototype kecil saja, peralatan dapat dikembangkan lagi tergantung bagaimana memanfaatkan peralatan yang dapat memberikan output tegangan dan arus lebih besar untuk menjadi sumber energi alternatif.

Dansatrad berharap, mudah – mudahan ini dapat dikembangkan lagi dengan memanfaatkan alam sekitar ini dan nantinya bisa menyuplai tenaga listrik kepada orang sekitar. (DS)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI