77 Mahasiswa FAH UIN Ar-Raniry di Yudisium Secara Virtual

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Yudisium lulusan program sarjana strata satu (S1) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020

KABAR ACEH, BANDA ACEH – Sebanyak 77 lulusan program sarjana strata satu (S1) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 di yudisium. Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube Kampus UIN Ar-Raniry,Selasa (15/9/2020).

Dalam amanatnya,Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi MSi mengatakan bahwa walaupun prosesi yudisium ini dilakukan secara virtual namun tidak mengurangi kesakralan pelaksanaannya.

Menurutnya, yudisium yang dilakukan secara virtual semester ini menjadi momen yang bersejarah yang kelak akan menjadi cerita dan pengalaman tersendiri bagi lulusan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, mengingat di tahun-tahun sebelumnya yudisium seperti ini belum pernah dilaksanakan.

“Hari ini yang membanggakan bagi kami ditengah kondisi pandemi covid 19 adalah semangat mahasiswa untuk menyelesaikan studi tepat waktu. Buktinya dari 77 orang lulusan, 32 orang diantaranya lulus cumlaude, 4 orang dengan predikat istimewa, ini membuktikan bahwa Pandemi Covid-19 bukan penghalang bagi mahasiswa untuk mencapai predikat Cumlaude”,kata Fauzi saat memberi sambutan, Selasa (15/9) secara virtual.

Selain itu, Fauzi juga mengingatkan para lulusan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry bahwa ijazah dan gelar sarjana bukan sekedar bukti sah telah mampu menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi, namun para sarjana harus menjadi agen kemajuan masyarakat dan penjaga moral.

“Perjuangan dan gelar sarjana yang kalian peroleh hari ini tidak terlepas dari doa dan dukungan orang tua kalian, sudah sepantasnya kalian harus selalu berbakti kepada kedua orang tua yang selama ini telah bersusah payah mendidik dan membiayai studi kalian hingga jenjang sarjana,”.katanya.

Sebelumnya, Wakil dekan bidang akademik dan kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry, Dr Phil Abdul Manan MSc MA dalam laporannya menyebutkan pada yudisium semester ini, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry berhasil menghasilkan lulusan sebanyak 77 orang yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 53 orang perempuan.

“Dari 77 orang calon wisudawan, 32 orang diantaranya lulus cumlaude, 4 orang dengan predikat istimewa, 39 orang memperoleh predikat baik sekali dan 2 orang dengan predikat baik”,katanya.

Pada prosesi yudisium kali ini, lanjut Manan Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam meluluskan sebanyak 23 orang, Prodi Bahasa dan Sastra Arab 29 orang dan Prodi Ilmu Perpustakaan sebanyak 25 orang.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan fakultas juga memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada tiga lulusan terbaik masing-masing, Asyura dari Prodi SKI, Khairidhayani dari Prodi BSA dan Rifky Amrullah dari Prodi Ilmu Perpustakaan. [*]

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI