Berhasil Tertibkan 6 Ruko Milik Daerah, Pemko Sabang Apresiasi Kejari

KABARACEH, SABANG: Pemerintah Kota Sabang mengapresiasi Kejaksaan Negeri Sabang yang berhasil menertibkan 6 (enam) unit ruko milik Pemeritah Kota Sabang yang terletak di Teupin Layeu Gampong Iboih.

Penguasaan aset daerah berupa enam unit ruko tersebut diserahkan secara resmi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sabang, Choirun Parapat kepada Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, di Aula Kejari Sabang, Jumat (25/11).

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengapresiasi Kejari Sabang dalam penanganan permasalah tersebut, sehingga Pemerintah Kota Sabang dapat kembali merapikan aset-aset milik daerah, yang tentunya kedepan dapat menambah PAD.

“Ini kolaborasi kita dengan Kajari, agar aset Pemko Sabang dalam hal penatausahaannya berjalan dengan baik. Hari ini kita menerima hasil kerja tim dari pak Kajari yang melakukan mediasi di Iboih. Ada ruko yang tidak jelas penatakelolaannya. Tapi Alhamdulillah hari ini sudah jelas,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Sebelumnya, selama bertahun-tahun, enam unit ruko yang dibangun Pemerintah Kota Sabang sejak tahun 2002 tersebut, telah ditempati dan digunakan sebagai lokasi usaha oleh beberapa orang warga Iboih, namun tanpa adanya perjanjian resmi.

Kajari Sabang Choirun Parapat mengatakan, atas masalah tersebut pihaknya menugaskan tim untuk membantu Pemko Sabang dalam menertibkan penguasaan aset-aset tersebut, sekaligus membantu tata kelola aset milik Pemko Sabang.

“Sekitar satu bulan teman- eman intelijen melakukan kegiatan, Alhamdulillah bisa kiya lakukan pendekatan secara humanis. Kemudian, sudah kita serahkan pernyataan warga yang menempati aset itu kepada Pemko Sabang. Tinggal kita tunggu perumusan ulang tata kelolanya. Dari sini nanti tentunya aka nada sumbangan PAD-nya. Karena sekarang kita sedang optimal masalah ini,” jelas Choirun.

Dia menambahkan, dalam penertiban tersebut Kejari Sabang melalui seksi intelijen melakukan pendekatan humanis terhadap masyarakat, dengan bermodalkan bukti sertifikat Hak Pakai nomor 00160 seluas 1,050 M2 tanggal 14 Desember 2020 yang ditaksir senilai + Rp. 1.500.000.000,-.

Penyerahan aset daerah ini dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Sabang Choirun Parapat, yang secara langsung menyerahkan surat-surat pernyataan dari para warga yang selama ini menempati 6 (enam) unit ruko di Teupin Layeu tersebut kepada Pj. Walikota Sabang Reza Fahlevi, yang disaksikan langsung oleh Kepala BPKD Jufriadi, Kabid Aset Mawardi, Kabag Hukum T. Azrul Kamal, Perwakilan Kepala Inspektorat, Kepala Satpol PP, Camat Sukamakmue dan Geuchik Iboih.(REL)

Related posts