Pj Bupati Aceh Besar Buka Bimtek
Peningkatan Kapasitas Personil Pemadam Kebakaran

KABARACEH, KOTA JANTHO: Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Personil Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar di Hotel The Pade, Kecamatan Darul Imarah, Senin siang (12/12/2022).

Turut dihadiri pejabat dari Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Forkopimda, Basarnas, dan personil Pemadam Kebakaran.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Besar dalam sambutanya mengukapkan kegiatan Bimtek tersebut sangat penting untuk dilaksanakan, karena pemadam kebakaran (Damkar) merupakan individu atau pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainnya.

Selain itu juga, Damkar merupakan profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan karena di dalam profesi petugas pemadam kebakaran terkandung misi sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa raga serta harta benda milik masyarakat,” terang Iswanto.

Personil Damkar, tambah Pj Bupati Aceh Besar, juga dituntut kerja dengan penuh kedisiplinan ketekunan dan kesabaran, dapat bekerja dalam tim dengan penuh kebersamaan yang erat, sekaligus membentuk jiwa yang peka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat mengingat tugas Damkar adalah pelayanan publik.

Oleh karena itu, Iswanto berharap kepada seluruh peserta Bimtek untuk dapat mengikuti kegiatan Bimtek tersebut dengan penuh keseriusan, sehingga nantinya pengetahuan yang diperoleh melalui Bimtek itu menjadi sangat berguna saat bertugas di lapangan.

Setelah mengikuti Bimtek, katanya, para personil Damkar dapat menambah ilmu, menjadi pembinaan secara tepat, baik dari segi kapasitas dalam upaya pemadaman kebakaran maupun manajemen SDM secara terpadu.

Selain itu, Pj Bupati berharap melalui Bimtek ini dapat membina para personil Damkar BPBD Aceh Besar secara tepat dan menyeluruh, sehingga nantinya menjadi agen dari pemadam kebakaran yang tersebar di seluruh Kabupaten Aceh Besar untuk dapat bersinergi dalam upaya perlindungan dan keselamatan masyarakat, khususnya dalam hal bencana kebakaran.

Iswanto melanjutkan, melalui Bimtek juga diharapkan adanya peningkatan kapasitas serta pengetahuan petugas pemadam kebakaran, sehingga dalam penanganan kejadian bencana apapun di lapangan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kalak BPBD Aceh Besar Ridwan SSos MSi melaporkan, Bimtek tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kapasitas personil Damkar di Kabupaten Aceh Besar.

Saat ini jumlah petugas Damkar di Aceh Besar sebanyak 69 orang. Mereka menempati 8 pos WMK, masing-masing berada di Kota Jantho, Sibreh, Peukan Bada, Seulimeum, Kajhu, Lhoong, Durung, serta Saree,” jelasnya.

Ridwan menambahkan, tahun 2023 mendatang, pihaknya merencanakan menambah lagi dua pos WMK, masing-masing di Lamtamot dan Kutabaro. (REL)

Related posts