Pemerintah Kabupaten Aceh Besar
Peringati Hari Ibu Tahun 2022

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KABARACEH, KOTA JANTHO: Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM yang diwakili Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kamis (22/12/2022).

Hadir dalam kesempatan itu, Forkopimda Aceh Besar, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, pejabat TNI, Polri, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab, Kepala OPD, pejabat instansi vertikal, para camat, pengurus TP-PKK, Pengurus Dharma Wanita Persatuan, pengurus organisasi perempuan di Aceh Besar, ASN, dan tenaga kontrak jajaran Pemkab Aceh Besar.

Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi mengemukakan, bangsa Indonesia dibangun dari fondasi perjuangan para perempuan yang tak pernah lekang semangatnya untuk mencapai sebuah kehidupan yang lebih baik bagi generasi penerus.

Tak terbilang lagi pahlawan perempuan yang namanya tetap harum hingga kini dan menjadi inspirasi bagi kita semua seperti Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Laksamana Malahayati, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Para perempuan yang ikut terlibat aktif dalam perjuangan dan pergerakan, jelasnya, merupakan inspirasi bagi kita semua. Para perempuan ini telah mampu berperan mengubah tatanan kehidupan menjadi lebih baik. Ikut menciptakan, membentuk sejarah, dan peradaban manusia kearah yang lebih bertata nilai, berkeadilan, dan humanis dalam tatanan politik, ekonomi, sosial, budaya, bahkan teknologi.

Melalui peringatan Hari Ibu tahun 2022, diharapkan semua pihak mengingat kembali pentingnya peran perempuan dalam mencapai tujuan-tujuan bangsa.

Di era kekinian, peringatan Hari Ibu diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa, agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Perjalanan panjang selama 94 tahun sejak kongres perempuan Indonesia pertama, telah mengantarkan berbagai buah baik bagi kaum perempuan. Kesempatan mengenyam bangku sekolah, peluang bekerja, perempuan berpolitik, merupakan kabar baik.

Namun harus diakui, nilai dan tujuan yang mendasari terbentuknya kongres perempuan pertama belum membawa kita sepenuhnya pada kesetaraan gender yang kita cita-citakan. Maka, peringatan hari ibu juga menjadi ajang pengingat kita untuk kembali bersatu dan tidak mudah berpuas diri atas kemajuan yang telah kita raih, karena perjuangan kita masih panjang.
Menurutnya, dengan mempertimbangkan komitmen bangsa, kondisi, dan isu-isu prioritas hingga saat ini, peringatan hari ibu ke 94 tahun 2022 ini masih mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

Pergerakan perempuan dalam pembangunan, tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah, akademisi dan profesional, dunia usaha, media massa, maupun masyarakat.

Untuk itu, momentum peringatan hari ibu sebaiknya juga dijadikan momentum untuk bersatu mencapai Indonesia yang maju melalui prinsip “equal partnership”. Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia berjalan beriringan dengan kaum laki-laki untuk bersama-sama berperan membangun bangsa.

Di akhir upacara, juga dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada juara aneka lomba peringatan Hari Ibu Tahun 2022 serta dilanjutkan dengan resepsi Hari Ibu di Meuligo Bupati Aceh Besar. (REL)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI