Petani Aceh Besar Terima Bantuan Puluhan Traktor

KABARACEH, KOTA JANTHO: Puluhan Kelompok Tani di Aceh Besar mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), dari dana aspirasi politisi Partai PKB, Gerindra dan Nasdem. Bantuan Asintan itu diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, Rabu (18/01/2023) di Komplek Pergudangan Alsintan Dinas Pertanian Aceh Besar di Samahani.

Muhammad Iswanto mengatakan, para penerima bantuan hendaknya mensyukuri bantuan itu dengan cara memeliharanya, agar terus berfungsi maksimal dalam penggunaan di lapangan. “Kita bersyukur atas bantuan Alsintan ini, hingga memudahkan dalam bertani serta menghemat waktu dan biaya, selain itu meningkatkan produktivitas areal usaha tani.

Iswanto mengatakan, bantuan Asintan itu akan terus diupayakan, terutama untuk upaya pemerataan di kalangan kelompok tani. Karena 60 persen dari rakyat Aceh Besar yang berjumlah total 400 ribu jiwa lebih adalah petani. “Kita akan terus menggalang komunikasi secara intensif dengan semua pihak, termasuk teman teman di tataran legislatif hingga tingkat kementerian.

Saat ini sudah banyak perhatian yang diberikan oleh lintas stake holder untuk pertanin di Aceh Besar, mulai dari pupuk, saprodi hingga mesin panen combine harvester. “Insya Allah kita akan terus upayakan bantuan lain, dengan memakmurkan petani Aceh Besar. Termasuk untuk upaya menjaga ketahanan pangan serta menekan laju inflasi di Aceh Besar,” tutur Iswanto.

Sementara Kadis Pertanian Aceh Besar, M Jakfar mengatakan, bantuan yang diberikan itu berupa lima unit traktor empat ban atau traktor besar, serta 23 unit hand traktor (traktor tangan) baik untuk pengolahan tanah maupun untuk proses pengolahan akhir menuju siap tanam. “Bantuan ini juga untuk mendukung ketahanan pangan, dan tak lepas dari lobi intensif Pak Pj Bupati Aceh Besar, hingga bukan hanya anggota DPR RI dari wilayah 1 Aceh, bahkan legislator dari Dapil 2 Aceh juga ikut membantu Alsintan ini,” kata Jakfar seraya menambahkan, bantuan itu akan meningkatkan hasil produksi petani di Aceh Besar.

Saat ini luas sawah di Aceh Besar mencapai 25.000 hektar, dengan indeks penanaman rata rata 2,0 serta total produksi tahunan mencapai 290.000 ton. “Alhamdulillah, sejauh ini Aceh Besar terus swsembada, hingga inflasi tak terlalu berdampak bagi warga Aceh Besar, terutama kaum petani yang menjadi mayoritas warga di Aceh Besar.

Ikut hadir dalam penyerahan bantuan itu, Ketua Nasdem Aceh Besar, Furqan, anggota DPRK Abes Nabhani, ketua Kelompok Tani yang menerima bantuan Alsintan, serta para undangan lainnya. (*)

Related posts