Bappeda Aceh Besar Gelar Forum Lintas Perangkat Daerah

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
Untuk Penyusunan RKPK 2024

KABARACEH, KOTA JANTHO: Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Bappeda menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah/Forum Lintas Perangkat Daerah untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Besar Tahun 2024 di Aula Bappeda Aceh Besar, Kamis (9/3/2023).

Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekdakab Aceh Besar Jamaluddin SSos MM saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut sangat penting karena merupakan wadah bagi para pemangku kepentingan untuk mendiskusikan berbagai usulan yang dihasilkan melalui Musrenbang RKPK di kecamatan dan mensinkronisasikan dengan prioritas dan pagu indikatif RKPK. Hadir dalam kesempatan itu, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, Kepala OPD, camat, perwakilan gampong, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh OPD agar dapat meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. Sebagai aparatur negara yang juga abdi masyarakat, kinerja OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu indikator terhadap standar kinerja Pemerintah Daerah.

Dikatakannya, rancangan Renja Perangkat Daerah hasil Forum Perangkat daerah/Lintas Perangkat Daerah menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPK untuk selanjutnya dibahas di dalam Musrenbang RKPK Kabupaten. Penyelenggaraan forum perangkat daerah ini dilakukan dengan mempertimbangkan urgensi, efisiensi dan efektifitas sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian dapat diselenggarakan oleh masing-masing perangkat daerah atau dilaksanakan secara gabungan beberapa perangkat daerah di bawah koordinasi Bappeda Aceh Besar.

Sementara itu, Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati SPd menjelaskan, Forum Perangkat Daerah/Forum Lintas Perangkat Daerah untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Besar Tahun 2024 bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD di kecamatan untuk menyusun Renja Perangkat Daerah. Selain itu, untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah. “Kita berharap, melalui kegiatan ini, dapat segera menyelaraskan program dan kegiatan antarperangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergisitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah,” ungkap Rahmawati.(**)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI