Sekda Pimpim Rakor Penyelenggaraan TTG XXIV di Aceh Besar

24/05/2024

KABARACEHONLINE.COM,KOTA JANTHO: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, memimpin rapat koordinasi (Rakor) lintas sektor terkait pelaksanaan Teknologi Tepat Guna (TTG) ke XXIV tahun 2023 di Kota Jantho, di Ruang Rapat Kantor Bupati, di Kota Jantho, Selasa (28/3/2023).

Turut dihadiri dalam rapat kordinasi lintas sektor Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Aceh Besar, M Ali, SSos, MSi, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajajaran Pemkab Aceh Besar.

Sekda Aceh Besar Sulaiman mengatakan ditunjuk sebagai tuan rumah Teknologi Tepat Guna (TTG) ke 24 tingkat provinsi Aceh tahun 2023, tentu saja hal tersebut menjadi motivasi bagi Pemkab Aceh Besar untuk menjadi tuan rumah yang baik dan akan menjadi penyemangat bagi Aceh Besar untuk meraih gelar juara.

Sebelumnya di TTG ke 23 Kota Subulussalam, Aceh Besar mampu menjadi juara, dan untuk tahun ini tentu aja, kita lebih bersemangat lagi, karena selain sebagai tuan rumah yang baik, kita akan terus pertahankan prestasi yang telah kita raih. Harapannya kita Aceh Besar sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” katanya.

Sulaimi menjelaskan, sebelumnya pada rapat Pusat Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek), pihaknya meminta agar penyelenggara benar-benar mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, agar dalam pelaksanaan TTG XXIV di Kota Jantho tidak terjadi kendala.

Tentunya, menjelang pelaksanaan event besar ini, Aceh Besar sebagai tuan rumah harus betul-betul mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, Rakor ini menjadi salah satu langkah lanjutan membahas bersama serta menyiapkan segala keperluan untuk suksesnya pelaksanaan event penting besar yang dilaksanakan di Kabupaten Aceh Besar,” katanya.

Menurut Sulaimi, selain menjadi tuan rumah, Aceh Besar juga memiliki tugas besar yaitu mempertahankan titel juara pada TTG XXIII yang lalu.

Mudah-mudahan tercapai, itu sebabnya saya minta kepada para panitia penyelenggara untuk tetap fokus bekerja menyelenggarakan TTG dengan sebaik mungkin, namun jangan lupa, bahwa kita adalah sang juara, tentu hal itu harus tetap kita pertahankan dengan baik,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Besar, Carbaini SAg, pihaknya sangat antusias menyambut TTG XXIV di Kota Jantho.

Menurut Carbaini, ini merupakan hal baru bagi masyarakat Aceh Besar, karena inovasi-inovasi dan teknologi tepat guna harus berbasis gampong, jadi setiap gampong atau masyarakat yang memiliki inovasi harus didukung dalam pengembangannya, sehingga itu memiliki manfaat bagi masyarakat lain.

“Inti dari TTG ini, bagaimana kita bisa paparkan terkait inovasi yang kita lakukan, baik dari sektor pertanian,UMKM atau hal lainnya, yang pada intinya, teknologi itu dikembangkan oleh masyarakat, dan akan dimanfaatkan kembali oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, menurut Carbaini, TTG ke XXIV menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkab Aceh Besar, selain menjadi penyelenggara yang baik dan santun, Aceh Besar harus bisa mempertahankan gelar juara.

Carbaini menuturkan, jika saat ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapan terkait dengan penyelenggaraan TTG XXIV di Kota Jantho tahun 2023, saat ini pihaknya telah melakukan persiapan lokasi kegiatan, penginapan, tempat makan dan wisata bagi peserta dan kuliner.

“Insya Allah bisa digelar Mei mendatang. Kita sudah lakukan beberapa persiapan, dari lokasi kegiatan hingga wisata dan kuliner, sedangkan untuk memastikan kita sebagai juara, kami juga sudah mulai memantau peralatan dan teknologi unggulan untuk kita tampilkan di TTG mendatang,” pungkasnya. (Slm)