Pj Bupati Muhammad Iswanto Temui Dirjen Limjamsos, Kemensos Pastikan Tambah Anggaran dan Fasilitas untuk Aceh Besar

23/05/2024

KABARACEHONLINE.COM, JAKARTA: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, Jumat (12/05/2023) hari ini, diterima secara khusus oleh Dirjen Limjamsos, Robben Rico AMd LLAJ SH ST MSi, di ruang kerjanya di Kemnsos RI.

Secara terbuka Robben Rico mengapresiasi Pj Bupati Aceh Besar yang begitu peduli dengan permasalahan dan dinamika sosial kemasyarakatan di wilayah kerjanya.

Untuk itu ia memastikan akan menambah anggaran melalui fasilitas yang ditalangi Kemensos, terutama di Aceh Besar.

Tahun anggaran 2022, Kemensos juga telah memberikan bantuan khusus untuk Aceh Besar, seperti biaya untuk ‘rehab rekon’ rumah warga yang dihantam puting beliung, serta beberapa fasilitas lain.

Dalam pertemuan itu, Dirjen Robben Rico menyatakan, akan menambah quota penerima PKH dan BPNT untuk Aceh Besar, hingga tercover untuk mereka yang memang berhak menerima, namun belum masuk list secara nasional.

Dirjen juga menyatakan pihak Kemensos RI akan melakukan pengisian bufferstock untuk empat lumbung KSB (Kampung Siaga Bencana) di Aceh Besar. Selain itu, Kemensos juga akan membentuk KSB di Pulo Aceh.

“Alhamdulillah, Pak Dirjen menyatakan komitment kuatnya untuk Aceh Besar, dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan sangat kekeluargaan itu. Langkah baik untuk menjawab tantangan permasalahan sosial di Aceh Besar,” kata Muhammad Iswanto, yang dalam pertemuan itu didampingi oleh Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi dan Kepala Bappeda Rahmawati SPd

Tak hanya sebatas tambahan di atas, Dirjen Limjamsos juga menyatakan komitmennya untuk melakukan program Rehat Rumah Sehat Sejahtera di Aceh Besar, pengadaan resque boat untuk Pulo Aceh, untuk kelancaran mobilitas bantuan kedaruratan ke Kecamatan Pulo Aceh.

Selain itu juga ada Pogram Pahlawan Ekonomi Nusantara. “Intinya, Kemensos akan menambah anggaran secara signifikan untuk Aceh Besar, melalui program mereka.

Semua itu kita usulkan dalam bentuk usulan yang konprehensif, hingga Pak Dirjen langsung menyetujuinya,” tutur Iswanto.

Dalam kesempatan itu Dirjen Limjamsos meminta agar program di Kabupaten/Kota disusun secara terintegrasi dan tidak parsial. Sehingga program itu benar benar berdayaguna dan bermanfaat secara sustainabel terhadap masyarakat.

Pak Dirjen juga mengingatkan jika semua program yang dijalankan dan dibantu oleh Kemensos akan terus dimonitor agar sifatnya berkelanjutan,” tandas Iswanto.
Ditambahkan, selain dengan Kemensos, Pemkab Aceh Besar akan terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan kementrian lain di Pusat, sebagai upaya untuk penguatan dan percepatan pembangunan di Aceh Besar.

Dengan tujuan utama mewujudkan kemakmuran dan kesejaheraan rakyat Aceh Besar. “Kita akan terus menjalin komunikasi intensif dengan ‘Jakarta’ untuk memberikan yang terbaik bagi Aceh Besar. Tentu kita akan lakukan secara bertahap dan terukur,” pungkas Iswanto. (Slm)