Ombudsman Pantau Pelayanan di Asrama Haji Banda Aceh dan Bandara Internasional SIM

24/05/2024

KABARACEHONLINE.COM, BANDA ACEH: Ombudsman RI selaku lembaga negara pengawas pelayanan publik, kali ini juga melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

Pengawasan yang dilakukan terdiri dari dua titik, yaitu di asrama haji dan juga bandara embarkasi.

Tim Ombudsman RI Pusat dan juga dibantu oleh Tim Ombudsman Perwakilan Aceh yang melakukan pengawasan di Asrama Haji Banda Aceh dan juga di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar.

“Kami melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan ibadah haji di Aceh, khususnya di Asrama Haji dan Bandara,” sebut Rezky Septianto Asisten Ombudsman dari KU VII, pada Kamis (1/6) di Banda Aceh.

“Berdasarkan pemantauan, pelayanan ibadah haji tahun ini sangat baik,” ujarnya.

Pihak Ombudsman melakukan pengawasan terhadap proses pembagian _baitul asyi_, pembagian pasport, pelayanan kesehatan, pelayanan asrama, pelayanan menuju bandara, dan lainnya.

“Di asrama, kami melihat tempat tidurnya layak, kemudian air bersih juga tersedia dan bagi yang lansia ditempatkan pada kamar bagian bawah,” lanjut Rezky.

Rezky menambah pelayanan dapur dan restoran juga baik, selanjutnya untuk pelayanan kesehatan juga sangat baik.

Menurut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dian Rubianty, pada tahun ini,terdapat saran perbaikan dari Ombudsman yang telah dilaksanakan oleh pihak penyelenggara ibadah haji tahun 2023.

“Alhamdulillah ada perbaikan dari saran tahun sebelumnya yang dilakukan oleh penyelenggara haji tahun ini, yaitu ketersediaan bus yang memiliki toilet, sehingga memudahkan jamaah yang berada di dalam bus yang sudah dilakukan sebut Dian melalui Ilyas Isti Kepala Bidang Pencegahan yang ikut langsung mendampingi tim dari Ombudsman Pusat.

“Pada pelayanan kesehatan kita juga mengecek obat-obatan, Alhamdulillah aman dan tidak ada yang kadaluarsa,” ujar Ilyas.

“Karena tahun ini merupakan ibadah haji ramah lansia, kita juga mengecek semua proses pelayanan lansia, dan Alhamdulillah semua jamaah lansia dilayani dengan baik oleh petugas,” lanjut Ilyas.

Tidak hanya itu, pihak Ombudsman juga melakukan pengawasan pelayanan sampai keberangkatan di bandara. Berdasarkan pemantauan, semua berjalan dengan baik.

“Kami juga ikut pengawasan sampai ke bandara, kita melihat, jamaah juga dilayani dengan baik oleh petugas. Tidak ada jamaah yang pegang koper, semua koper jamaah diantar oleh petugas baik yang di bagasi maupun yang di cabin pesawat,” tutup Ilyas. (Slm)