Pemkab Aceh Besar Gelar Apel Hari Krida Pertanian

24/05/2024

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Aceh Besar Muhammmad Iswanto S.STP, MM yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Aceh Besar M Ali S.Sos, M.Si bertindak selaku Pembina Apel Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka Hari Krida Pertanian Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kota Jantho, Senin (19/6/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, para Asisten Sekdakab Aceh Besar, Kepala OPD, ASN, dan tenaga kontrak jajaran Pemkab Aceh Besar.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dalam sambutannya megukapkan berharap agar melalui Hari Krida Pertanian tahun 2023 dapat menjadi ajang silaturahmi dan berkumpulnya para pelaku usaha di bidang pertanian, peternakan, maupun perikanan, sehingga bisa memberikan informasi seputar ekonomi pertanian dengan harapan pertanian di Kabupaten Aceh Besar khususnya, menjadi lebih maju dan berkembang lagi.

Melalui Hari Krida Pertanian akan membakar semangat para petani untuk dapat membuat kehidupan yang jauh lebih baik lagi dengan semangat etos kerja yang tinggi,” katanya.

Dikatakannya, pertanian merupakan leading sektor yang dapat bertahan pada masa-masa sulit seperti pada saat pandemi covid-19.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras para insan pertanian, seperti para petani, peternak, nelayan, dan pekebun yang berjibaku dengan kondisi alam yang terkadang di luar prediksi.

Untuk itu, teknologi dan inovasi harus semakin digalakkan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi tenaga kerja, serta pemasaran.

Sektor pertanian, lanjutnya, memiliki peran penting dalam perekonomian nasional, baik sebagai produsen komoditas, pemenuhan tenaga kerja hingga penyumbang devisa.

Maka perayaan Hari Krida Pertanian tahun 2023 diharapkan menjadi momen masyarakat dan petani untuk mendorong aktivitas produksi dan perbaikan terhadap ekonomi.

Berbagai upaya dan target-target tentunya terus dilakukan dalam rangka pembangunan bidang pertanian. Oleh karena itu, melalui peringatan Hari Krida Pertanian, Pemkab Aceh Besar mengajak semua pihak dan OPD terkait untuk bahu-membahu guna meningkatkan derajat pertani dalam tatanan masyarakat.

Kami juga berharap agar petani dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan dan program-program pengembangan yang diberikan oleh pemerintah dalam rangka memberdayakan, baik kemampuan, ketangkasan, maupun wawasan dalam bertani yang baik dan benar,” pungkasnya.(Slm)