Wakili Pj Bupati, Asisten II Sekdakab Aceh Besar Hadiri Hygiene Promo Event YKMI di SDN 2 Lamteuba

24/05/2024

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Aceh Besar, M Ali, S.Sos, M.Si memberikan sambutan pada acara Hygiene Promotion Event yang dilaksanakan oleh Muslim Aid dan Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) bersama Disdikbud Aceh Besar, di SDN 2 Lamteuba, Selasa (20/6/2023).

M Ali dalam sambutannya menyebutkan, Aceh Besar merupakan wilayah yang luas terdiri dari 23 kecamatan dan 604 gampong.

Dengan wilayah yang luas tersebut tentu saja membutuhkan biaya yang besar untuk membangun, hari ini kita patut bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Muslim Aid melalui YKMI, terutama untuk fasilitas sarana dan prasaran pendidikan, peningkatan mutu pendidikan serta capacity building guru dan tenaga pendidikan dan juga warga sekitar sekolah,” kata M Ali.

Ditambahkan, sesuai judul pada hari ini tentang kesehatan, siswa dan warga sekitar sekolah harus menjaga kesehatan serta lingkungan yang sehat. Serta tidak merusak lingkungan, diantaranya dengan tidak memotong kayu sembarangan dan terus melakukan reboisasi untuk menjaga hutan.

Kepada pihak sekolah harus memiliki self belonging (rasa memiliki) atas apa yang sudah diberikan oleh YKMI, karena bantuan ini sangat berharga dalam pembangunan Aceh Besar,” pintanya.

“Fasilitas yang sudah diberikan ini seperti fasilitas lapangan olahraga supaya dapat digunakan secara maksimal untuk melahirkan atlit-atlit yang akan membela Aceh Besar di berbagai event,” sambung M Ali.

Sementara Plt Kadisdikbud Aceh Besar, Agus Jumaidi MPd mengucapkan terima kasih kepada Muslim Aid dan YKMI atas kontribusi dan bantuan yang diberikan kepada Aceh Besar, terutama Disdikbud Aceh Besar.

Kami mengharapkan bantuan dan kerja sama yang baik selama ini dengan Muslim Aid dan YKMI dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, dan semoga sekolah sasaran juga bisa terus bertambah,” ujar Agus.

Sementara itu Ketua YKMI, Elfi Hasnita mengatakan kegiatan ini dalam rangka peringatan hari lingkungan dunia , YKMI bersama-sama dengan 4 sekolah Negeri di Aceh Besar (SDN 1 Lamteuba, SDN 2, Lamteuba, SDN 3 Lamteuba dan SDN Kajhu) melaksanakan kegiatan Hygiene Promotion Event untuk mewujudkan sekolah sehat dan ramah lingkungan.

Elfi Hasnita menyampaikan bahwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama kita harus memperhatikan kesehatan diri dan lingkungan baik disekolah maupun di rumah.

Dalam event ini, YKMI melaksanakan bermacam kegiatan, diantaranya praktek cara mencuci tangan, praktek menggosok gigi dan aneka lomba yg dilaksanakan 1 hari sebelumnya, seperti cerdas cermat, puisi, bercerita dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan hari Lingkungan Hidup,” jelas Hasnita.

“PHBS ini harus diterapkan sejak dini bagi anak-anak kita agar mereka tumbuh menjadi generasi yang sehat dan cerdas,” tutupnya.

Kegiatan turut dihadiri Kabid Dikdas Disdikbud Aceh Besar, Safrizal SSos dan tokoh masyarakat Lamteuba serta wali murid. (Slm)