Dua Wartawan Senior, Bahani Peserta UKW Angkatan XVI

23/05/2024
Peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVI PWI Aceh mengikuti sesi pra-UKW di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, 25 Juli 2023. (Dok PWI Aceh)

BANDA ACEH, KABARACEHONLINE.COM: Dua wartawan senior di Aceh, Asnawi Kumar dan T. Haris Fadhillah membahani peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVI pada kegitan pra-UKW di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, Selasa, 25 Juli 2023.

Seperti diberitakan, UKW Angkatan XVI PWI Aceh diikuti 36 peserta yang dibagi dalam enam kelompok, yaitu dua Kelompok Madya dan empat Kelompok Muda. Masing-masing kelompok terdiri enam orang.

Menurut Ketua PWI Aceh, UKW Angkatan XVI tidak ada Kelompok Utama karena jumlah pesertanya tidak mencapai enam orang (satu kelas).

Sebelum pelaksanaan UKW terlebih dahulu dilaksanakan pra-UKW sebagai bekal bagi peserta untuk lebih percaya diri ketika UKW dilaksanakan.

Pra-UKW dilaksanakan pada 25 Juli 2023 di Grand Nanggroe Hotel dikuti seluruh wartawan peserta UKW. Selanjutnya, di tempat yang sama, pada 26-27 Juli dilaksanakan UKW.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin ketika membuka pra-UKW berharap semua peserta fokus pada materi yang disampaikan pada sesi pra-UKW oleh dua wartawan senior Aceh, Asnawi Kumal dan T. Haris Fadhillah.

Ketua PWI Aceh juga berharap melalui UKW XVI akan terjaring lebih banyak wartawan kompeten.

“Jangan terulang seperti UKW XV, jumlah wartawan yang tidak lulus (tidak kompeten) mencapai 10 orang. Semoga kali ini semuanya dinyatakan kompeten,” kata Nasir.

Pada pra-UKW yang berlangsung Selasa, 25 Juli 2023, peserta dibahani oleh dua pemateri yaitu Asnawi Kumar (Wakil Ketua PWI Aceh Bidang  Pendidikan) tentang dasar-dasar jurnalistik dan Kisi-Kisi dan Simulasi UKW oleh T Haris Fadhillah (Wakil Ketua PWI Aceh Bidang Hubungan Antarlembaga).

Rangkaian acara pra-UKW yang berlabgsung setengah hari dimoderatori oleh Ketua Seksi Pendidikan PWI Aceh, M. Ifdhal. (REL)