Pemko Sabang Bersiap Hadapi Pesta Demokrasi Serentak 2024

23/05/2024

SABANG, KABARACEHONLINE: Menghadapi Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang, Pemerintah Kota Sabang terus lakukan persiapan guna menyukseskan pesta demokrasi serentak yang menjadi agenda besar nasional tahun depan.

Salah satunya adalah mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Tahapan Pemilu 2024, yang juga sebagai upaya meningkatkan sinergitas para pemangku kepentingan, serta membahas beberapa poin menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Berdasarkan pengalaman, Pemilu di kota Sabang selama ini berjalan lancar. Sinergitas seluruh penyelenggara pemilu harus terus kita jaga, agar seluruh tahapan pemilu sampai dengan hari pemilihan nantinya tetap dalam kondisi aman, tertib dan lancar,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Berlangsung di Aula Lantai I Kantor Wali Kota Sabang, Pj Wali Kota Sabang memimpin langsung rakor yang turut dihadiri pemangku kepentingan terkait, para ketua partai politik, dan tim pemantauan perkembangan politik daerah, Selasa (22/8).

Reza Fahlevi mengatakan semua pihak harus ikut terlibat dalam mengawasi pesta demokrasi tahun 2024 mendatang. Hal-hal terkait keamanan, pencegahan pelanggaran, TPS, KPPS, keterlibatan para penyelenggara Pemilu dan lain-lain, juga harus menjadi perhatian semua pihak.

“Kita sama-sama berharap proses demokrasi tahun depan dapat berjalan lancar. Yang lebih penting, saat ini Kita harus bisa memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula mengenai isu-isu yang berkembang, kemudian juga terkait tawaran-tawaran program dalam berkampanye secara sehat,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pj Wali Kota Sabang menargetkan partisipasi hak pilih masyarakat pada pemilu tahun depan bisa meningkat.

“Pengetahuan atau informasi pemilu masyarakat saat ini agak kurang. Kita bersama harus terus memberikan pemahaman agar partisipasi pemilih di kota Sabang meningkat,” ujarnya.

Dia turut mengimbau partai politik agar menjaga kondusifitas suasana politik dan berkampanye secara sehat, sesuai asas Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Sehingga masyarakat dapat merasakan pesta demokrasi dengan aman dan damai. (RH)