Meriahkan HKG Ke-51, PKK Aceh Gelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2023

24/05/2024
Para peserta lomba memasak serba ikan memperlihatkan hasil masakannya pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tingkat Provinsi Aceh, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis, 24/8/2023. (Foto/ Humas Aceh)

BANDA ACEH, KABARACEHONLINE: Tim Penggerak PKK Aceh bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 51, di Anjong Mon Mata, Kamis (24/8/2023).
Lomba yang mengusung tema utama ‘Ikan Untuk Generasi Emas’, ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan kreativitas ragam masakan ikan, sekaligus mengampanyekan makan ikan untuk mewujudkan masyarakat Aceh sehat, kuat, cerdas bebas stunting dan sejahtera.

Acara ini berlangsung meriah dengan rangkaian kegiatan sebelumnya mulai dari Gerakan Asupan Tambah Darah untuk mencegah penyakit anemia dan terjadinya stunting pada remaja putri di SMKN 1 Banda Aceh, dan dilanjutkan dengan Seminar Laktasi Nasional, dan Lomba Memasak Serba Ikan.

Kompetisi masak serba ikan yang diikuti oleh anggota TP PKK dari 17 kabupaten dan kota di Aceh, memperlombakan masakan olahan dari ikan kembung, dengan tujuan untuk mengajak masyarakat umum berkreasi memasak ikan. Sebagaimana diketahui ikan kembung memiliki nilai gizi tinggi, bahkan, sejumlah nutrisinya lebih bagus dari salmon.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman dan dewan juri mencicipi langsung makanan olahan yang disajikan oleh para peserta lomba, dengan harapan kegiatan ini bukan hanya semata-mata untuk mencari juara tapi bisa mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan sebagai salah satu solusi mencegah stunting. (REL)