Dukung Lubok Sukon Aceh Besar Peringkat 75 Besar Desa Wisata Terbaik

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Desa wisata Lubok Sukon Kabupaten Aceh Besar yang masuk dalam 75 besar desa wisata terbaik pada penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023,

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam rangka penilaian lapangan pada 13 April 2023 silam.

“Usai dikunjungi Mas Menparekraf Sandiaga Uno pada April lalu, Lubok Sukon terus berbenah untuk dinilai lebih lanjut menuju Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Besar, Abdullah S.Sos di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Sabtu (26/8/2023).

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Besar, Abdullah, SSos, mengajak seluruh masyarakat Aceh secara umum dan Aceh Besar khususnya untuk mengunjungi link youtube berikut untuk memberikan dukungan melalui voting mendukung Gampong Lubok Sukon di Ajang ADWI tahun 2023.

untuk meraih lebih banyak nilai, mudah-mudahan Gampong Lubok Sukon terpilih pada ADWI 2023 ini,” harap Abdullah.

Menurutnya, dari 7.276 total jumlah desa wisata di Indonesia, telah terjaring 4.573 desa wisata yang mendaftar di ADWI 2023.

Setelah melalui seleksi dan profil yang telah dikirimkan, ditetapkan 500 desa sebagai desa wisata terbaik yang lolos tahap awal. Lalu setelahnya, 500 desa wisata tersebut kembali diseleksi menjadi 75 besar desa wisata terbaik pada penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Aceh Besar mengaku bangga pada tahun 2021 menjadi tahun emas, karena berhasil membawa Desa Wisata Nusa Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar sebagai juara pertama kategori homestay pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 lalu.

Pada tahun 2023 juga dapat menambah rekor nasional lagi dengan masuknya Lubok Sukon dalam 75 besar usai mengeliminasi ribuan desa wisata diseluruh Indonesia, sehingga Aceh akhirnya diwakili oleh Aceh Besar dan Kota Sabang, Sabang sendiri berhasil mempertahankan dua gampong yaitu Desa Wisata Iboih dan Desa Wisata Aneuk Laot.

“Aceh Besar dan Kota Sabang lah akhirnya yang mewakili Aceh tahun ini pada ADWI 2023, semoga kita dapat mengukir kembali sejarah yang telah dicapai pada tahun 2021 lalu oleh Desa Wisata Nusa,” tutur Abdullah.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, dari 75 desa wisata tersebut akan menerima penghargaan dengan lima kategori, yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata & CHSE, penghargaan akan diserahkan pada Oktober 2023 mendatang.

“Semoga saja, salah satu kategori ini dapat kita raih, dan penghargaan akan diserahkan pada malam anugerah ASDWI 2023 bukan Oktober nanti,” sebut Abdullah. (Slm)

Related posts