Lubok Sukon Raih Juara Harapan ADWI 2023

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

JAKARTA, KABARACEHONLINE.COM: Aceh Besar terus berada dalam jalur trend positif di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Setelah sukses besar di tahun 2021 lewat ADWI 2021, dengan mengantarkan Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga meraih juara nasional ADWI 2021 kategori Home Stay, tahun ini, giliran Gampong Lubok Sukon Kecamatan Inginjaya, Aceh Besar, meraih status juara harapan di ADWI 2023.

Gampong Lubok Sukon meraih juara harapan untuk kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE. Sebuah prestasi yang juga patut kita banggakan dan kita syukuri,” kata Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, yang hadir secara langsung dalam acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 di TMII Jakarta.

Tampil sebagai juara di kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE, adalah juga perwakilan dari Aceh, tepatnya Gampong Iboih Kota Sabang. Juara 2 Gampong Bira Tengah Kabupaten Sampang, Juara 3 Desa Wisata Duren Sari Sawahan Kabupaten Trenggalek, juara 4 Desa Wisata Bowele Kabupaten Malang, juara 5 Desa Wisata Kakaskasen Dua Kota Tumohon.

Sementara juara harapan adalah, Lubok Sukon Aceh Besar, Desa Cibeusi Subang, Desa Baytara, Desa Besani Kabupaten Batang dan Desa Wisata Tompo Bulu Kabupaten Pangkajene Kepulauan.
Menurut Iswanto persaingan untuk menjadi yang terbaik di ajang ADWI makin berat dari tahun ke tahun. Karena kompetisi makin berat, akibat terjadi penambahan peserta yang signifikan dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data yang ada, dari 7.276 total jumlah desa wisata di Indonesia, tahun ini telah terjaring 4.573 desa wisata yang mendaftar di ADWI 2023. Setelah melalui seleksi dan profil yang telah dikirimkan, ditetapkan 500 desa sebagai desa wisata terbaik yang lolos tahap awal.

Lalu setelahnya, 500 desa wisata tersebut kembali diseleksi menjadi 75 besar desa wisata terbaik pada penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

“Aceh Besar meraih juara harapan setelah bersaing dengan 4.573 desa wisata yang ikut ADWI 2023. Ini benar benar harus kita syukuri dan angkat topi kepada semua elemen di Gampong Lubok Sukon yang telah berusaha keras dan mendedikasikan diri untuk memberikan yang terbaik bagi Lubok Sukon atau Aceh Besar di ajang ADWI 2023,” tandas Muhammad Iswanto yang didampingi Kadis Parpora Aceh Besar, Abdullah SSos, malam ini di sela sela acara malam ADWI 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Di ujung percakapan dengan awak media, Muhammad Iswanto kembali mengajak semua pihak untuk terus bersyukur atas setiap pencapaian, termasuk di ajang ADWP 2023 ini.

“Alhamdulillah Aceh Besar sudah menunjukkan diri dengan mewakili Aceh untuk level nasional dalam berbagai event selama setahun ini

. Ini capaian yang sangat membanggakan,” tandas Iswanto seraya menambahkan, untuk tahun depan, Aceh Besar akan persiapkan 2 (dua) gampong dalam kategori yang berbeda, untuk mengikuti ADWI 2024.(**)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI