Pj Bupati Aceh Besar Lepas 500 Rider RATA – 5

24/05/2024

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM, melepas 500 rider motor trail yang terdiri dari eksekutif dan umum pada titik start event Trail Adventure Kemerdekaan RATA – 5, di Pangakalan Udara (Lanud) Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Sabtu (9/9/2023).

Sejak pukul 07.30 wib para rider dari berbagai daerah terus memadati seputaran titik start di Lapangan Lanud SIM.

Muhammad Iswanto yang bersama Forkopimda Aceh Besar serta juga rider senior Kombes Misbahul–salah seorang PJU Polda Aceh–juga ikut langsung terjun sebagai peserta di event itu, saat penglepasan dari titik start mengatakan, jika RATA – 5 merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke 78 RI, yang sejatinya event tersebut dilaksanakan pada bulan Agustus lalu, namun, karena berbagai hal dan kondisi, akhirnya event trail kemerdekaan diundur pada hari ini.

“Sejatinya, ini kita lakukan di bulan Agustus lalu, namun karena ada berbagai kegiatan peringatan HUT ke 78 RI juga masih berlangsung, maka kita undur di waktu yang lebih tepat yakni pada hari ini,” katanya.

Pemilik nomor start 12 itu juga menyampaikan, jika trail adventure memperingati hari kemerdekaan ini merupakan sebuah wadah mempererat persatuan sesame rider sekaligus menyalurkan hobi bagi pecinta olahraga ekstrim. “

Ini menjadi kesempatan kita saling mengenal sesama pecinta trail, sekaligus menjadi ajang memperkenalkan keindahan alam Aceh Besar, itu sebabnya, kita jajal track Blang Bintang menuju Jantho dengan melintasi berbagai macam medan dengan balutan keindahan alam Aceh Besar yang asri dan eksotis,” ujarnya.
Ia berpesan agar para rider menikmati jalur trabas yang disediakan oleh panitia dengan penuh perhitungan keselamatan, karena pada jalur menuju Jantho ada berbagai macam rintangan, juga ada game yang disediakan oleh panitia.

jalur open gas, dimana para rider membuka gas sikuda besi dengan bebas, juga ada jalur enduro, dimana jalur ini ada tanjakan, sungai dan berbagai rintangan, jadi, tetap hati-hati dan utamakan keselamatan,” pintanya.

Pj Bupati, Ketua Panitia, Abdullah, SSos, menuturkan, nantinya para rider juga akan diberikan game, dimana peserta yang berhasil akan mendapatkan hadiah sepeda gunung yang disediakan oleh panitia.

Selain itu, perjalanan yang menempu jarak kurang 78 kilometer ini ada 3 tiik check poin yang harus dilalui peserta.

Chek poin pertama di garis start ini, check poin kedua di daerah Maheng Kecamatan Indrapuri, rencananya disana peserta akan break sebentar dan setelah itu melanjutkan ke chek poin selanjutnya di Kota Jantho,” terangnya.

Ia mengatakan, peserta wajib melintasi tiga chek poin yang disediakan itu untuk mengikuti undian doorprize dan hadiah utama.

Panitia akan mengecek, apakah peserta itu memasuki tiga chek poin yang disediakan, atau tidak, jika peserta itu tidak menyelesaikan salah satu check poin maka dianggap gugur untuk mendapatkan hadiah.

Untuk hadiah yang disediakan ada paket umrah, selanjutnya ada 2 motor, kulkas, TV dan ratusan doorprize menarik lainnya,” pungkas Abdullah.

RATA – 5 tersebut didukung oleh Kapolres Aceh Besar, Dandim 0101/BS, Kajari Aceh Besar dan Dan Lanud SIM serta turut disponsori oleh PDAM Tirta Mountala dan Bank Aceh Syariah.

Turut hadir pada pembukaan, Sekdakab Aceh Besar, Drs. Sulaimi, MSi, Asisten I Setdakab Aceh Besar, para kepala OPD dan Forkopimcam Kecamatan Blang Bintang. (Slm)