Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Terima 351 Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry 2023

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM diwakili Sekretaris Daerah Drs Sulaimi MSi menerima penyerahan 351 mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Reguler UIN Ar Raniry Banda Aceh semester ganjil tahun akademik 2023/2024,

Sebanyak 351 Mahasiswa UIN Ar Raniry melaksanakan kegiatan KPM di 3 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Yaitu Kecamatan Montasik, Blang Bintang dan Suka Makmur. Acara itu berlangsung di Halaman Kantor Camat Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (18/09/2023).

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati melalui Sekda Sulaimi MSi menyampaikan, aras nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar ia mengucapkan selamat datang kepada rektor UIN Ar-Raniry, civitas akademik, para dosen dan seluruh mahasiswa peserta KPM yang akan melaksanakan pengabdian di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

“Terima kasih kepada Rektor dan civitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang selalu memilih Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu lokasi pelaksanaan KPM, tentu kami menyambut baik penyerahan mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry Banda Aceh kepada Pemkab Aceh Besar yang kita laksanakan pada hari ini,” katanya

Kegiatan KPM merupakan salah satu kegiatan untuk mendekatkan diri antara mahasiswa dengan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dan ini juga merupakan suatu tugas pengabdian yang dibebankan kepada mahasiswa peserta KPM sebagai perwujudan nyata, keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat serta dapat memberikan banyak manfaat dibidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan teknologi,” paparnya.

Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya semata-mata untuk menyelesaikan kewajiban tuntutan kurikulum yang dibebankan oleh universitas kepada mahasiswa sebelum menyelesaikan studi.

“Namun, melalui kegiatan ini lah mahasiswa dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing,” ujarnya

Ia berharap, dengan pelaksanaan KPM ini para mahasiswa mendapat tambahan keterampilan, informasi, wawasan dan pemahaman terhadap permasalahan yang sedang dialami di Gampong yang menjadi lokasi pengabdian. Sehingga nantinya para mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapatkan serta mampu memberikan solusi dan perubahan sekaligus kontribusi positif bagi pembangunan di gampong dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

“Khususnya untuk gampong tempat pengabdian saudara-saudara peserta KPM,” harapnya .

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Dr Mujiburrahman, M Ag mengatakan, pengabidian ini merupakan kuliah yang sebenarnya saat berada ditingah-tengan masyarakat, mereka butuh pencerahan dari masyarakat baik dari aspek keilmuan dan juga mendapatkan pencerahan nilai-nilai kearifan lokal, budaya, adat-istiadat yang berlaku di masyarakat.

“Hal tersebut sangat penting, sebab para mahasiswa nantinya juga akan kembali kepada masyarakat,” tuturnya .

Prof Mujiburrahman mengingatkan bahwa untuk menggapai sebuah cita-cita dan kesuksesan itu sangat tergantung bagaimana kita mencermati dan memahami nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat.

“Salah satunya dengan memahami karakter kearifan lokal yang ada, bagaimana cara bergaul dengan baik dan menggunakan tutur kata sopan dan bijak pada saat bersama masyarakat,” ucapnya

Diakhir sambutannya, meminta kepada para Mahasiswa Peserta KPM agar menjaga nama baik Almamater UIN Ar Raniry, Begitu juga dengan masyarakat setempat jalinlah komunikasi dan silaturrahmi yang baik serta terus dapat berbagi pengetahuan dan mengayomi masyarakat demi kemajuan Kabupaten Aceh Besar tercinta ini.

“Semoga pengalaman ini dapat menjadi pelajaran berharga dan berkesan bagi kita semua,” pungkas Prof. Mujiburrahman. (Slm)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI