Masyarakat Gaungkan Aksi Solidaritas untuk Palestina dari Ujung Barat Indonesia

23/05/2024
Masyarakat Kota Sabang berbondong-bondong hadir gaungkan aksi solidaritas untuk Palestina. Aksi juga ini diikuti oleh puluhan komunitas, ormas, OKP dan lembaga Islam di Kota Sabang, Kamis (26/10). (Foto/Prokopim Sabang)

SABANG, KABARACEHONLINE: Padati Masjid Agung Babussalam, masyarakat Kota Sabang berbondong-bondong hadir gaungkan aksi solidaritas untuk Palestina. Aksi juga ini diikuti oleh puluhan komunitas, ormas, OKP dan lembaga Islam di Kota Sabang.

Kemudian dilanjutkan dengan orasi kemanusiaan oleh perwakilan ormas dan OKP, penampilan puisi, serta penggalangan dana untuk Palestina. Aksi ditutup dengan tausiyah dan zikir yang di pimpinan oleh Tgk Abi Bardi Akarta Pimpinan Dayah Istiqamatuddin Darul Wa’di, Gampong Batee Shok Sabang.

Turut menggaungkan aksi solidaritas bersama masyarakat, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat dan berbagai ormas yang ada di Kota Sabang, terhadap kondisi Palestina saat ini.

“Hari ini ada penggalangan dana, giat ini sangat positif karena disinilah kebersamaan kita. Dengan semangat semua kalangan yang ada di Kota Sabang berupaya dengan solidaritas yang tinggi, ingin berbagi untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” kata Reza Fahlevi, Kamis (26/10).

Lebih lanjut dikatakan, seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sabang juga tengah melakukan pengalangan donasi. Ia juga mendorong agar penggalangan dana ini terus diperluas, sehingga seluruh masyarakat bisa membantu lebih maksimal saudara saudara di Palestina.

Sementara itu, Ketua Perwakilan Sabang Komite Nasional Rakyat untuk palestina Aceh, Albina Arahman menyampaikan tujuan dari aksi ini adalah untuk memperkuat solidaritas umat islam terhadap Palestina.

“Hari Ini proses penjajahan di Palestina sudah sampai pada tahap genosida atau pembunuhan massal, maka kemudian lahir gerakan bersama dengan semangat kemanusiaan untuk Palestina,” jelasnya.

Albina mengatakan, lebih dari dua puluh Ormas maupun OKP terlibat dalam giat solidaritas ini. Ia menegaskan seluruh ormas maupun OKP yang terlibat sepakat tidak lagi melihat perbedaan pemikiran, perbedaan gerakan antar Ormas maupun OKP namun bergerak bersama untuk solidaritas Palestina.

Ia menjelaskan, untuk proses pengalangan dana akan berlangsung satu hingga dua hari kedepan, dengan tetap melihat kondisi di Palestina. Sementara untuk proses penyaluran, nanti akan di lakukan oleh Komite Nasional Rakyat untuk Palestina.

“Bagi masyarakat yang ingin berdonasi dipersilahkan, bisa langsung kepada kami atau bisa juga melalui rekening Bank BSI 7277277087 a.n Komnas Rakyat Palestina dengan tetap melakukan konfirmasi”, Ujarnya. (RH)