Pj Bupati Aceh Besar Bersama Danlanud SIM Tanam Padi Serentak di Shelter Galaxi Lanud SIM Blang Bintang

Pj. Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM bersama Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, S.Sos., melaksanakan penanaman padi secara serentak di Area Persawahan Lanud Sultan Iskandar Muda. Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (16/11/2023). (Foto/ MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM bersama Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, S.Sos., didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud SIM Ny. Septi Yoyon Kuscahyono dan pengurus beserta seluruh Personel Lanud SIM bersama masyarakat, melaksanakan penanaman padi secara serentak di Area Persawahan Lanud Sultan Iskandar Muda. Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (16/11/2023).

Pada kesempatan itu Iswanto menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar ia mengucapkan terima kasih kepada Danlanud SIM beserta jajaran yang telah memprakarsai kegiatan penanaman padi bersama pada hari ini.

Kegiatan yang patut kita dukung bersama, dimana pelaksanaan penanaman padi bersama di Lanud SIM yang dilaksanakan serentak dengan penanaman padi di Kecamatan Blang Bintang ini, tentunya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Blang Bintang Aceh Besar,” ujarnya. Iswanto

Masih ungkapan PJ Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto program ini tentu akan menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan. Dimana Pemkab Aceh Besar sendiri terus berupaya melakukan berbagai langkah dan upaya serta berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan serta kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu sekali lagi atas nama Pemkab Aceh Besar mengucapkan terima kasih kepada Danlanud SIM beserta jajaran yang telah menaruh perhatian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan serta kesejahteraan masyarakat Aceh Besar, melalui program ini,” tutur Iswanto

Selanjutnya Iswanto mengatakan, masyarakat Aceh Besar harus bersyukur, dimana daerah lain di Indonesia sedang dilanda kekeringan, sementara di Aceh Besar masih bisa menanam padi serentak seperti ini.

“Tentunya ini disebabkan karena adanya pendukung pertanian seperti irigasi, sehingga kita memiliki cukup air untuk dialiri ke persawahan yang sedang bercocok tanam, tidak hanya itu.

Alhamdulillah Aceh Besar juga memiliki stok pupuk untuk para petani yang akan disalurkan langsung kepada pribadi dan kelompok tani dan tentunya tidak boleh diwakili,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Iswanto juga menyampaikan untuk tahun 2024 nanti , semoga Dinas Pertanian Aceh Besar bisa membantu kelompok tani Lanud SIM untuk dibangun sebuah balai persinggahan.

“Semoga kedepan nanti juga dibangun balai persinggahan bagi para petani seperti yang telah dibangun pada tahun 2023 ini di daerah Indrapuri, Seulimuem dan Blang Bintang, dan mari kita berikhtiar agar apa yang kita lakukan pada hari ini diberikan keberkahan dan rahmat oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Usai menyampaikan sambutan, Pj Bupati Aceh Besar juga menyerahkan beberapa paket alat semprot padi kepada Danlanud SIM.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, S.Sos., menyampaikan terimakasih kepada Panitia yang sudah mendukung dan menyiapkan tempat penanaman sebagai wujud percontohan untuk meningkatkan hasil produktifitas, produksi pertanian dan merubah tata cara petani Lanud SIM menjadi petani yang moderen.

“Terimakasih dan apresiasi yang sangat besar juga kami ucapkan kepada Pj Bupati Aceh Besar atas dukungannya selama ini, semoga kerjasama ini bisa lebih dioptimalkan dan ditingkatkan dalam mendukungdan menyukseskan program pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Komandan juga mengatakan tujuan penanaman padi serentak ini sebagai alih teknologi dalam meningkatkan swasembada pangan bagi kelompok tani binaan Lanud SIM.

“Semoga hasil panennya nanti bisa mencapai swasembada pangan di Aceh Besar secara khusus dan Aceh secara umum, dan Lanud SIM selalu siap mendukung program dan kebijakan Pemerintah Aceh terhadap sektor pertanian, karena pada hari ini Lanud SIM memiliki lahan yang cukup dan produktif untuk mendukung program ketahanan pangan bagi petani Blang Bintang dan Acrh Besar secara khusus hingga petani Aceh,” pungkasnya. (Slm)

Related posts