Festival Pesona Pesisir Timur Buka Ruang Kolaborasi Seniman dan UMKM

Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh T Hendra Faisal SE, M.Si saat menutup secara resmi kegiatan Festival Pesona Pesisir Timur di Taman Seni Budaya Banda Aceh, Jumat (8/12/2023). (Foto/ Disbudpar Aceh)

BANDA ACEH, KABARACEHONLINE.COM: Festival Pesona Pesisir Timur 2023 membuka ruang bagi kolaborasi seniman dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan yang diharapkan dapat menunjukkan seni budaya dan mempromosikan berbagai produk kuliner, kerajinan dan atraksi seni berkonsep melayu ini mengundang seniman dari Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melalui Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh T Hendra Faisal SE, M.Si saat menutup secara resmi kegiatan Festival Pesona Pesisir Timur di Taman Seni Budaya Banda Aceh, Jumat (8/12/2023) sore.

Hendra mengatakan, kegiatan Festival Pesona Pesisir Timur dengan mengusung tema “Semarak seni, kemilau budaya” ini digelar oleh Disbudpar Aceh menjadi tolak ukur bagi pelaku UMKM dalam mengekpresikan kreativitasnya untuk menjual berbagai produk unggulan dari daerah pesisir Kabupaten Aceh Utara hingga Langsa dan Aceh Tamiang.

“Kegiatan ini membuka ruang kreativitas seluas-luasnya bagi para UMKM yang selama ini berkontribusi bukan hanya pada kegiatan ini dan kegiatan lain yang dilaksanakan oleh Disbudpar Aceh. Yang menjadi tolak ukurnya adalah bagaimana mereka mengepresikan produknya untuk bisa menjual kembali produk itu,” kata Hendra.

Menurutnya Fesitval Pesona Pesisir Timur sebagai ajang promosi produk kuliner kekinian dan kuliner tradisional asal Aceh. “Ini menandakan Aceh ini sangat kaya dengan kuliner-kulinernya,” ujarnya.

Hendra mengatakan, sektor UMKM menjadi garda terdepan untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Pemerintah Aceh melalui Disbudpar memberikan ruang kesempatan kreativitas.

“Tapi ini berpulang kepada pelaku ekonomi kreatif untuk memulainya,” katanya.

Hendra menyebut, melalui momentum Festival Pesona Pesisir Timur 2023 ini menandakan bahwa begitu luasnya budaya dan seni di tanah Aceh.

“Harapanya kegiatan ini dapat memperkuat silaturahmi seluruh seniman langsa, tamiang, serta UMKM-UMKM yang berasal dari langsa dan tamiang serta kabupaten/kota lainnya di Aceh,” pungkasnya.

Festival Pesona Pesisir Timur 2023 telah berlangsung sejak tanggal 6-8 Desember 2023. Setidaknya ada 20 stand UMKM yang memamerkan produk kuliner dan ekonomi kreatif dengan para pelaku berasal dari lhokseumawe hingga aceh tamiang. []

Related posts