Pj Bupati Aceh Besar Bertidak sebagai Inspektur Upacara Hari Ibu ke-95

Pj. Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Aceh Besar, di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kamis (21/12/2023). (Foto/ MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Aceh Besar, di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Kamis (21/12/2023).

Perwira upacara adalah Rahmadaniaty SSos MM (Kabag Pemerintahan Setdakab Aceh Besar), Komandan Upacara Iptu Endang Sulastri SH (Kapolsek Baitussalam), pembaca ayat suci Al-Quran Nusyarifah SPd (juara I Qiraah Murattal Dewasa pada MTQ tingkat Provinsi Aceh di Bener Meriah/juara harapan II Qiraah Murattal pada MTQN di Kalimantan Selatan.

Sejarah Singkat Hari Ibu dibacakan oleh Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, serta pembaca naskah pembukaan UUD 1945 adalah Nurliana Hamsahtun Siregar SPd MPd (peraih terbaik I GTK Inovatif tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 dan juara II kepala sekolah berprestasi tingkat Provinsi Aceh).

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan hadiah kepada Kecamatan Darul Kamal yang terpilih sebagai Kecamatan Lokomotif tahun 2023 di Aceh Besar. Juga ikut diserahkan hadiah lainnya dalam rangka memeriahkan Hari Ibu tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023.

Penyerahan hadiah yang dilakukan Pj Bupati bersama Forkopimda ini dipusatkan di Meuligo Bupati Aceh Besar.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muhammad Iswanto dalam sambutanya mengukapkan, peringatan hari ibu menjadi momen penting serta penghargaan, penghormatan, serta apresiasi untuk seluruh perempuan atas peran, dedikasi, serta kontribusi bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Melalui peringatan Hari Ibu ini tentunya diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” katanya.

Iswanto melanjutkan, perempuan Indonesia telah terbukti menjadi motor penggerak keberhasilan pembangunan. Telah banyak bukti besarnya peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan.

Hal ini membuktikan bahwa perempuan, apabila diberi peluang dan kesempatan, mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri.

Oleh karena itu, sebagaimana tema peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 ini yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, diharapkan akan memberikan inpirasi kepada semua pihak untuk terus mendukung perempuan dan menyadari pentingnya peran perempuan dalam mencapai kemajuan Indonesia.

Tema ini menjelaskan pula bahwa perempuan Indonesia merupakan perempuan-perempuan tangguh dan berdaya, yang mampu mewarnai segala proses memajukan bangsa mewujudkan kesejahteraan.

Kaum perempuan Indonesia, khususnya diharapkan untuk terus berkarya, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri. Sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan bangsa ini melalui peran dan karya nyata.

Pj Bupati Aceh Besar mengimbau sekaligus mengajak semua elemen, khususnya para ibu-ibu untuk lebih responsive dan peka terhadap isu-isu perkembangan sosial khususnya terkait perlindungan dan pemberdayaan perempuan dan anak, guna untuk mendukung percepatan pembangunan yang berkeadilan serta menghindari ketimpangan sosial di masyarakat, khususnya di kabupaten Aceh Besar.

“Melalui Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 ini mari kita terus gencarkan gerakan dalam upaya mendukung Pemberdayaan Perempuan dalam berbagai macam sektor, terutama dari segi peningkatan kompetensi, prestasi dan kreatifitas di berbagai bidang pengetahuan, keterampilan, dan budaya di Kabupaten Aceh Besar,” pungkas Iswanto.

Kepala Dinas PPKB, PP, dan PA Kabupaten Aceh Besar Drs Fadhlan menambahkan, dalam rangka Hari Ibu tahun 2023 tersebut, Pemkab Aceh Besar menggelar aneka perlombaan. (Slm)

Related posts