Pj Bupati Aceh Besar Bersama Danlanud SIM dan Forkopimda Panen Raya Padi MT Rendengan 2024 di Blang Bintang

Pj Bupati Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono SSos dan unsur Forkopimda Aceh Besar melakukan panen raya padi sawah MT Rendengam tahun 2024, yang berlangsung di lahan pertanian Lanud SIM, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa (13/02/2024). (Foto/MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Penjabat (Pj) Bupati Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono SSos dan unsur Forkopimda Aceh Besar melakukan panen raya padi sawah MT Rendengam tahun 2024, yang berlangsung di lahan pertanian Lanud SIM, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa (13/02/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muhammad Iswanto menyampaikan, petani harus memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk memaksimal potensi sumber daya alam serta hasil pertanian di Kabupaten Aceh Besar.

“Tentunya, produksi itu bisa menopang hasil panen untuk Provinsi Aceh khsususnya Kabupaten Aceh Besar. Dan ini menjadi bukti bahwa seluruh jajaran yang dibantu oleh seluruh Forkopimda, sehingga kita bisa berbuat dan pada hari ini kita bisa menunjukkan hasilnya,” ujarnya.

Kemudian, untuk diketahui bersama, dari seluruh jajaran baik itu dari Pemerintah Pusat dan daerah sudah melaksanakan panen raya perdana di Kabupaten Aceh Besar. “Ini menjadi salah satu bukti konkrit yang bisa kita saksikan selama ini, bahwa hasil panen khususnya padi sangat mengembirakan,” tutur Iswanto.

Pj Bupati Muhammad Iswanto menyampaikan kepada seluruh petani untuk terus bersyukur, meskipun hanya mampu menguatkan diri dengan swadaya pangan. Tetapi Pemerintah Pusat melalui Presiden selalu memberikan perhatian dan bantuan kepada petani di Aceh Besar.

“Kemaren kita di Aceh Besar baru saja diberikan bantuan untuk 40 ribu kelompok penerima manfaat, tahun lalu lebih kurang 36 ribu. Dan Alhamdulillah, tahun ini meningkat menjadi 40 ribu, ini wajib kita syukuri, karena pemerintah pusat tidak menutup mata untuk membantu petani di Aceh Besar,” sebut Muhammad Iswanto.

Dikesempatan itu, Ia juga menyampaikan, mengenai pupuk bersubsidi, apabila para petani memiliki kendala di lapangan tolong disampaikan kepada penyuluh.

“Karena kita pelan-pelan mengikuti metode yang sudah ditentukan oleh Pemerintah pusat, sehingga nanti berdampak meningkatkan kembali pupuk bersubsidi di Kabupaten Aceh Besar,” pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda(SIM) Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono SSos mengungkapkan dengan berdaulat pangan berarti masyarakat berhak menentukan kebijakan pangan secara mandiri dan menjamin atas pangan bagi masyarakat.

“Karena ini sudah memberikan hak terhadap masyarakat untuk menentukan sistem pertanian pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal,” pintanya.

Ia juga mengajak, memberikan dukung penuh kepada para petani untuk terus berjuang dan berkarya dalam menciptakan kemandirian pangan.

“Kita juga dapat mendukung dengan membeli produk petani lokal untuk mendorong dalam meningkatkan perekonomian mereka,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Yoyon Kuscahyono mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto berserta jajaran atas bantuan dan dukungan, sehingga petani binaan Lanud SIM berhasil.

“Terima kasih, apalagi dukungan Pak Pj dengan memberikan alat semprot dan pupuk. Sehingga, hasil jerih payah kita bersama, terbukti berhasil dan hari ini akan kita lakukan panen bersama,” ungkap Kolonel Yoyon Kuscahyono.

Turut hadir Wakapolresta Banda Aceh, Wakapolres Aceh Besar, Pabung Kodim 0101/ KBA dan perwakilan Kajari Aceh Besar, Asisiten II Sekdakab Aceh Besar, Anggota DPRK, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Ketua PIA Ardhya Garini Cab.20/D.I Lanud SIM, PJU Lanud SIM, Kadis Pertanian, Kadis Pangan, Kadis PUPR, Plt Kominfo, Kadisparpora, Kalaksa BPBD Aceh Besar, jajaran penyuluh pertanian dan masyarakat setempat. (Slm)

Related posts