Pemkab Aceh Besar Salurkan Bantuan Beras Tahap II untuk 1258 KPM di Kecamatan KBJ

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menyalurkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah tahap II tahun 2024 dari Pemerintah Pusat untuk 1258 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Krueng Barona Jaya (KBJ), di Aula Kantor Camat KBJ, Aceh Besar, Kamis (29/2/2023).

Kepala Dinas Pangan Aceh Besar, Alyadi, S,Pi, MM, mengatakan, pada tahap I Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM, turut menyalurkan langsung bantuan beras tersebut, dan Kabupaten Aceh Besar menerima 40.169 KPM.

Pj Bupati Aceh Besari turut memantau pengiriman dan penyaluran beras cadangan pangan itu ke Pulo Aceh, dan Pak Pj Bupati Aceh Besar juga berharap penyaluran tahap II selesai sebelum ramadhan ini, agar masyarakat dapat menikmati beras bantuan pemerintah saat puasa nanti,” terangnya.

Alyadi menyebutkan, untuk hari ini bantuan beras cadangan pangan pemerintah disalurkan untuk 837 KPM dari 9 gampong, sisanya 421 akan disalurkan pada Jumat (1/3/2024).

Supaya tidak terjadi antrian panjang maka kita bagi dalam dua hari, untuk hari ini 837 KPM sisanya besok Jumat juga kita salurkan,” kata Alyadi.

Ia menjelaskan, penyaluran bantuan pangan pemerintah tahap II tahun 2024, sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu, khususnya di Kabupaten Aceh Besar.

Kita harus bersyukur, karena bantuan ini untuk membantu masyarakat yang sedang menghadapi inflasi. Jadi bantuan ini juga untuk menekan angka inflasi, dalam hal ini pemerintah kembali menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kadis Pangan Aceh Besar itu menjelaskan, untuk tahap II penyaluran perdana dilakukan di Kecamatan KBJ, sejatinya, penyaluran bantuan dilaksanakan di Kantor POS, namun karena alasan lain penyaluran dilaksanakan di Kantor Camat KBJ.

Sebenarnya penyaluran di Kantor Pos, tapi karena di Kecamatan KBJ kantor posnya ada di Kecamatan Kuta Baro, maka kita salurkan di Kantor Camat, supaya tidak terjadi antrian panjang,” ucap Alyadi.

Ia mengungkapkan penyaluran bantuan pangan cadangan beras untuk KPM diberikan lembaran yang berisikan barcode penerimaan.

Sehingga penyalurannya bisa cepat dilakukan dan tepat sasaran, penyaluran ini dilakukan selama enam bulan, kita sudah validasi data KPM dan mereka diberikan barcode sebagai penerima selama enam bulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat KBJ Sayusi, SE menghimbau kepada masyarakat, agar kertas barcode yang diberikan kepada masyarakat tidak hilang, karena jika hilang masyarakat tidak bisa ambil beras.

Karena sistemnya kan online, jadi petugas langsung scan barcode tersebut sebagai penerima, jadi mohon dijaga dengan baik,” pungkasnya.

Turut hadir pada penyaluran bantuan tersebut, Plt, Kepala Dinas Sosial Aceh Besar Aulia Rahman, S.STP, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Jakfar, SP, M.Si, Kepala Diskopukmdag Aceh Besar, Trizna Darma, ST, Kabag Ekonomi Setdakab Aceh Besar Darwan Asrizal, SE.,MT, Kapolsek KBJ Iptu Julpandi, SE.MH dan perwakilan Danramil KBJ dan tokoh masyarakat setempat. (Slm)

Related posts