Wakili Pj. Bupati, Sekda Sulaimi Buka FGD Penguatan Statistik untuk Percepatan Satu Data Indonesia

Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi membuka FGD Pembinaan Statistik Sektoral di Hotel The Pade, Daroy Kameu, Darul Imarah, Aceh Besar, Kamis (29/2/2024). (Foto/ MC Aceh Besar)

KOTA JANTHO, KABARACEHONLINE.COM: Guna mendukung penguatan statistik sektoral untuk percepatan satu data Indonesia, Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Besar menggelar Fokus Group Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral (PSS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan yang berlangsung sehari dibuka Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM yang diwakili Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, di Hotel The Pade, Kamis (29/2/2024).

Sekdakab Aceh Besari Sulaimi dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan FGD menjadi sangat penting terhadap organisasi perangkat daerah(OPD) yang menjadi sasaran pembinaan statistik sektoral, terlebih dalam rangka menyongsong pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024 sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral.

Melalui EPSS ini dapat mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada Pemkab Aceh Besar, kemudian juga dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral serta meningkatkan kualitas pelayanan publik pada bidang statistik,” kata Sulaimi.

Mengingat pentingnya FGD itu, ia meminta peran aktif para peserta FGD untuk mewujudkan peningkatan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

“Saya minta peran aktif semuanya dalam berdiskusi dan memberikan masukan maupun saran pada FGD ini yang sifatnya membangun, untuk terwujudnya tujuan pelaksanaan kegiatan ini serta demi pembangunan daerah dimasa mendatang,” pintanya.

Kepala BPS Kabupaten Aceh Besar Irnanto ST MM dalam laporannya mengatakan FGD yang dilaksanakan satu hari tersebut dikuti 30 peserta, diantaranya 19 peserta merupakan utusan dari Organisasi Perangkat daerah kabupaten Aceh Besar.

Peserta FGD Pembinaan Statistik Sektoral dikuti 30 Peserta, diantaranya 19 orang merupakan utusan dari OPD,” sebutnya.

Ia juga mengatakan pada taun 2024 ini, BPS Aceh Besar akan melakukan pembinaan statistik sektoral pada dua OPD yaitu Bappeda dan Disdukcapil, dengan harapan dapat mengejar target peningkatan nilai BPS Aceh Besar sebesar 2,6 %.

“Statistik dasar merupakan ranahnya BPS sendiri, sementara pada sektoral akan dilakukan pembinaan. Sehingga pada tahun ini BPS sedang mengejar target peningkatan nilai sebesar 2,6, maka untuk itu tahun ini kita akan fokus pada Bappeda dan Disdukcapil Aceh Besar,” demikian kata Irnanto.

Turut dihadiri Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati SPd, sejumlah perwakilan OPD dan Kecamatan dijajaran Pemkab Aceh Besar, serta steakholder lainnya. (Slm)

Related posts