Paud IK Nurul Quran Sukses Gelar Ajang Kreativitas Anak Ke-12

Picture of KABAR ACEH
KABAR ACEH
PAUD IK Nurul Qur’an Sukses menggelar Ajang Kreativitas Anak atau yang disebut ANTA yang ke-XII, berlangsung di sekolah setempat mulai tanggal 21-24 Februari 2024. (Foto/ PAUD IK Nurul Qur’an)

BANDAACEH, KABARACEHONLINE.COM: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) IK Nurul Quran telah menggelar Ajang Kreativitas Anak atau yang disebut ANTA yang ke-XII, di Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Kegiatan lomba berlangsung selama tiga hari yaitu mulai 21-24 Februari 2024.

Kegiatan ini pentas seni ini digelar setiap tahun sebagai upaya untuk menampilkan bakat dan keeativitas yang telah diberikan selama masa proses pembelajaran.

“Kreativitas Anak atau yang kami singkat dengan ANTA adalah kegiatan pentas seni tahunan yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh PAUD IK Nurul Quran. Tahun ini PAUD IK Nurul Quran sudah melaksanakan ANTA ke-XII,” kata Riza Umami, guru Paud IK Nurul Quran, Senin (4/3/2024).

Pada kegiatan ini, berbagai bakat dan minat siswa siswi akan dilatih dan dikembangkan kemudian mereka akan menampilkannya di atas panggung sebagai wadah apresiasi terhadap pencapaian mereka.

Selain sebagai ajang unjuk kebolehan dan salah satu bentuk apresiasi terhadap siswa siswi, ajang kreativitas ini juga melatih dan mengembangkan karakter siswa siswi seperti karakter disiplin, amanah, harmonis, santun, yakin, aktif, serta terampil dan berprestasi yang kami singkat dengan “Dahsyat”.

“Sehingga tujuh pilar karakter DAHSYAT merupakan salah satu program pembinaan karakter unggulan di PAUD IK Nurul Quran,” jelasnya.

Ia menyampaikan, bahwa ANTA bukan semata-mata pentas seni sehari, melainkan serangkaian kegiatan yang dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh seluruh siswa siswi PAUD IK Nurul Quran.

“Mulai dari cabang lomba mewarnai, tahfizh, doa sehari-hari, hadist harian, dan azan,” katanya.

Selain itu, yang spesial pada tahun ini ANTA juga mengusung cabang perlombaan khusus kelas TPA dengan lomba menyusun lego dan khusus Umi guru/karyawan yaitu lomba menyusun kolase. Sehingga, ANTA adalah “panggung” untuk semua kalangan di PAUD IK Nurul Quran.

Adapun kegiatan puncak dilaksanakan pada Sabtu (24/3/2024). Kegiatan puncak diisi dengan berbagai tampilan dari siswa siswi dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba sekaligus pembagian hadiah.

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan Islam Karakter Nurul Quran, Ustadz Fadhil Zakaria, pengawas wilayah 3 Kecamatan Ingin Jaya, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Fadhil Zakaria menyampaikan bahwa yayasan sangat mendukung dan akan selalu memfasilitasi kegiatan seperti ini.

“Apresiasi terhadap peserta didik sangat perlu dilakukan. Untuk itu sering seringlah buat kegiatan seperti ini. Jadilah peserta didik yang berprestasi, mampu memperoleh banyak piala selama bersekolah,” ucap Fadhil.

Dalam momentum ini pula, para siswa siswi diajak untuk selalu belajar terutama belajar Al Quran. Sebagai generasi muda penerus bangsa, mereka harus tumbuh menjadi generasi yang cinta Quran.

Menurut ketua panitia, belajar Al Quran bisa dilakukan dalam kondisi dan situasi apapun. Sehingga nilai-nilai kebenaran yang terkandung dalam Al Quran mampu mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari tanpa rasa takut.

“Hal ini disampaikan oleh ketua panitia dalam laporan kegiatannya,” ucapnya.

Selain itu, ketekunan peserta didik dalam berlatih, antusiasme mereka dalam mengikuti perlombaan, serta respon positif dari seluruh wali murid menjadi semangat para Umi guru di PAUD IK Nurul Quran untuk selalu memberikan yang terbaik.

“Lelah hari ini perlahan sirna demi menyambut hari esok bersama para malaikat kecil kami di pintu gerbang PAUD IK Nurul Quran,” pungkasnya. (*)

KABAR LAINNYA
KABAR TERKINI